Pencarian Helikopter Polri NBO 105 P-1103 Menuai Hasil, Petugas Gabungan Temukan Benda Ini di Lokasi
Petugas gabungan Tim SAR, Polri, TNI dan BOBD di sekitar lokasi hilangnya helikopter Polri/ Foto: Dok. Polri

Bagikan:

JAKARTA – Perlahan, pencarian helikopter Helikopter milik Polri dengan nomor seri NBO 105 P-1103 yang hilang kontak di perairan Belitung Timur (Beltim) menemukan tanda-tanda hasil.

Sumber VOI menyebut tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung Timur, mendapat keterangan dari saksi yang melihat helikopter NBO 105 P-1103 terbang rendah di perairan sekitar Burung Mandi, Belitung Timur.

“Izin pak, tadi saya komunikasi dengan Kadus (kepala dusun) Burung Mandi, mengenai heli yang lost contact. Ada juga info yang dia dapat bahwa ada nelayan Burung Mandi yang lihat, menyampaikan ke Kadus bahwa ada heli warna biru terbang rendah diperairan sekitar Burung Mandi.” begitu isi laporan yang disampaikan, yang diterima VOI, Senin 28 November.

Properti milik Polri yang ditemukan di daerah Burung Mandi Beltim/ Foto: Dok. Polri

Walau demikian, petugas gabungan belum menemukan helikopter yang hilang kontak. Hanya saja petugas menemukan atribut milik crew helikopter yang hilang.

“Lokasi persisnya belum bisa dipastikan, tapi bisa disinyalir di atas perairan Tare namanya pak, dekat Dusun Burung mandi. Heli tersebut terbang rendah menghindari awan tebal hitam, tapi semakin rendah, setelah itu gak kelihatan lagi karena cuaca hujan deras." tulisnya.

Hingga berita ini diturunkan petugas masih belum menemukan helikopter dan 4 crew yang hilang kontak.

Sebelumnya, dua helikopter terlibat kegiatan penerbangan pada Minggu, 27 November. Yakni, helikopter dengan nomor Alut NBO 105 Register P-1103, dan NBO 105 Register P-1113.

Keduanya dengan penerbangan tujuan Pondok Cabe, Tangerang Selatan dengan Route melewati Palangkaraya - Pangkalan Bun - Tanjung Pandan - Pangkalpinang - Lampung - Pondok Cabe.

Namun hanya satu helikopter yang berhasil mendarat, yakni NBO 105 Register P-1113 dengan crew, AKP Togu, IPDA Rexy Subroto, Bripka Soleh, Bripda Erwin.

Sedangkan satu helikopter yang hilang kontak, yakni NBO 105 Register P-1103 dengan crew AKP Arif Rahman, Briptu Lasminto, Aipda Joko M, Bripda Anam.

Sejak helikopter dilaporkan hilang kontak, kepolisian melakukan pengecekan keberadaan pesawat helikopter Alut NBO 105 register P-1113 dan crew yang sudah mendarat di Bandara Tanjung Pandan.