Jokowi Singgung Pentingnya Infrastruktur untuk Masyarakat dan Bersaing dengan Negara Lain
Relawan Jokowi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. (foto: twitter @n3wbie)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pentingnya pembangunan infrastruktur baik di Jawa ataupun luar palau Jawa. Tujuannya, mempermudah masyarakat untuk menjual semua hasil kerjanya, semisal petani dan nelayan.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat menghadiri acara Nusantara Bersatu yang diadakan oleh relawan Jokowi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu, 26 November.

"Setelah 8 tahun kita bekerja keras, membangun negara kita Indonesia. Membangun jalan-jalan nasional baik di Jawa maupun luar Jawa. Membangun Jalan tol baik di Jawa maupun di luar Jawa, dan juga jalan-jalan kecil di desa, jembatan-jembatan kecil di desa lewat dana desa, kita juga membangun airport baru, pelabuhan baru, utamanya di luar Jawa," ujar Jokowi.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur seperti jalan dan fasilitas lainnya sangat penting. Selain mempermudah masyarakat, hal itu juga salah satu dasar atau modal untuk bersaing dengan negara lainnya.

"Tidak mungkin kita bersaing dengan negara lain kalau jalannya becek, bener? Tidak mungkin kita bersaing dengan negara lain kalau kita tidak punya airport di provinsi-provinsi yang kita miliki, benar?" ungkapnya.

"Dan dengan infrastruktur itulah rakyat diberikan kemudahan membawa prodak-prodaknya. Petani bisa bawa padinya dari desa ke kota, nelayan bisa menjual ikannya dari desa ke kota krn ada infrastruktur. Setuju gak?" sambung Jokowi.

Tak dipungkiri, pembangunan infrastruktur seperti jalan tak semuanya telah rampung. Contohnya, tol di wilayah Banyuwangi yang diperkirakan tahun depan sudah bisa dibuka dan dilalui masyarakat.

"Kita tahu jalan tol di pulau Jawa sudah sambung menyambung dari Barat sampai ke Timur. Kurang sedikit saja di Banyuwangi, nanti 2023 Insha Allah akan dikejar untuk segera diselesaikan," kata Jokowi.