Perbaikan Jembatan GDC Depok Telan Anggaran Rp1,6 Miliar
Sejumlah kendaraan ketika melintasi jembatan GDC yang sedang diperbaiki. (ANTARA/Foto: Feru Lantara)

Bagikan:

DEPOK - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok Jawa Barat menyiapkan anggaran Rp1,6 miliar untuk perbaikan jembatan di Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC).

"Kami memang tengah melakukan rehabilitasi jembatan GDC, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya. Saat ini rehabilitasi sudah masuk proses perbaikan abutmen dan scarp aspal," kata Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty dikutip ANTARA, Jumat, 25 November.

Jembatan GDC masih layak jadi kami tidak membongkar secara keseluruhannya, jadi saat ini bagian bawah sudah ada perbaikan abutmen, bagian permukaan jalan juga sudah di scrap aspalnya, tambah Kadis PUPR.

Untuk panjang jembatan 78 meter dengan lebar 12,2 meter. Sedangkan untuk pedestrian memiliki lebar 2 meter baik di sisi kanan maupun kiri.

"Nantinya akan ada penambahan ornamen khas pada railing jembatan. jadi jembatan akan berkonsep etnik dan futuristik juga kekinian dan ada lambang Kujangnya yang dipesan secara khusus," katanya.

Dijelaskan Citra, pekerjaan akan berlangsung kurang lebih tiga bulan. Mulai dari 29 September hingga 9 Desember 2022.

"Jembatan tidak kami bangun dari awal karena strukturnya masih sangat layak, sehingga, rehabilitasi sudah cukup. Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu," ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan rehabilitasi jembatan GDC dengan menambah nuansa estetik jembatan tersebut agar semakin indah terlihat.

"Kami tidak akan bongkar total jembatan GDC, karena berdasarkan hasil kajian bahwa konstruksi jembatan ini masih bagus, namun memang ada beberapa titik yang perlu dibenahi," katanya.

Idris mengatakan badan jembatan nanti akan di tambah aspal sehingga semakin mulus jalannya dan juga dengan mempercantik estetika nuansa etnik semacam ada lambang Jabar.

"Jembatan GDC nanti terlihat estetika bisa menghibur warga dan juga bisa melakukan selfi-selfi dengan nuansa estetikanya," katanya.