Berita Terkini Gempa Cianjur: 56 Orang Meninggal, 700 Luka-luka, Masih Ada Warga Terperangkap Bangunan
Kondisi ruang kelas SMKN 1 Cugenang di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, yang rusak akibat gempa dengan magnitudo 5,6 yang berpusat di barat daya Cianjur pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. (ANTARA/HO-Humas Disdik Jawa Barat)

Bagikan:

JAKARTA - Jumlah korban jiwa akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mencapai 56 orang. Diduga masih ada warga terperangkap dalam bangunan yang ambruk diguncang gempa magnitudo 5,6.

“Informasi dengan kejadian gempa yang ada di Cianjur mengakibtkan banyak bangunan luluh lantak. Ada pertambahan data meninggal dunia total ada 56 yang meninggal dunia warga Cianjur dan 700 lebih luka-luka, masih banyak warga terperangkap di tempat kejadian,” kata Ridwan Kamil dalam jumpa pers dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV, Senin, 21 November.

Diberitakan sebelumnya Plt Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan gempa ini terletak pada koordinat 6,86 derajat LS - 07,01 derajat BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 11 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar Cimandiri. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),” kata Daryono.