Rumah dan Bangunan di Cianjur Rusak Diguncang Gempa M 5,6
Tangkapan layar via ANTARA

Bagikan:

BANDUNG - Gempa dengan magnitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat menyebabkan kerusakan rumah dan bangunan di wilayah Cianjur menurut aparat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Ada rumah dan bangunan yang mengalami kerusakan," kata Humas BPBD Provinsi Jawa Barat Andrie Setiawan di Kota Bandung dikutip ANTARA, Senin, 21 November.

Namun, Andrie belum bisa menyampaikan data terperinci mengenai jumlah rumah dan bangunan yang rusak akibat gempa di wilayah Kabupaten Cianjur dan daerah-daerah di sekitarnya.

Menurut dia, BPBD Provinsi Jawa Barat masih menghimpun laporan mengenai dampak gempa yang pusatnya berada di barat daya Cianjur dari BPBD tingkat kabupaten dan kota.

"Saat ini BPBD kabupaten dan kota masih melakukan asesmen, jadi kami belum menerima data secara lengkap," kata Andrie.

Gempa dengan magnitudo 5,6 pada Senin pukul 13.21 WIB terjadi di sekira 10 km barat daya Kabupaten Cianjur. Pusat gempa bumi itu berada di darat pada kedalaman 10 km di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur.

Menurut BMKG, guncangan akibat gempa itu dirasakan di Cianjur, Garut, Sukabumi, Cimahi, Bandung, Lembang, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor, Bayah, Rancaekek, Tangerang Selatan, DKI Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bakauheni. 

Warga mengunggah video dan foto-foto yang menunjukkan dampak gempa yang berpusat di Cianjur, termasuk kondisi bangunan yang rusak akibat gempa, di platform media sosial.