Puluhan Rumah di Probolinggo Terendam Banjir Luapan Sungai Kertosono
Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko bersama ssjumlah pejabat meninjau lokasi banjir di kabupaten setempat, Sabtu (19/11/2022) sore.(ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Probolinggo)

Bagikan:

PROBOLINGGO - Puluhan rumah di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur terendam banjir luapan Sungai Kertosono.

Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko bersama Kepala Pelaksana BPBD Rachmad Waluyo dan Kepala Dinas Sosial Achmad Arif meninjau lokasi banjir di Kecamatan Kraksaan.

"Kami datang untuk melihat dari dekat dampak dan penyebab terjadinya banjir akibat luapan Sungai Kertosono," kata Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko dikutip ANTARA, Sabtu, 19 November.

Peninjauan diawali di Gang Kamboja RW 05, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan yang terdapat puluhan rumah warga sempat kemasukan air akibat luapan Sungai Kertosono yang berada di sebelah timur permukiman warga.

Bahkan sisa-sisa air luapan masih menggenang di beberapa sudut rumah warga.

Peninjauan selanjutnya dilakukan di aliran Sungai Kertosono yang berada di kompleks Pondok Pesantren Al-Mashduqiyah di Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan.

Di lokasi itu, rombongan melihat dari dekat kondisi bibir sungai yang tergerus oleh luapan banjir. Bahkan luapan air Sungai Kertosono itu langsung masuk ke komplek pondok pesantren tersebut.

"Insyaallah perencanaannya sudah dilakukan Pemprov Jatim tahun depan untuk perbaikan sekitar 7 kilometer mulai dari Desa Kalibuntu ke selatan karena memang wilayahnya Provinsi Jawa Timur," tuturnya.

Menurutnya penanganan sepanjang aliran Sungai Kertosono itu sepenuhnya menjadi kewenangan dari Provinsi Jatim, tetapi Pemkab Probolinggo terus berkoordinasi bagaimana ini bisa segera ditangani oleh Pemprov Jatim.

"Untuk penanganan terhadap warga yang terdampak dari luapan banjir Sungai Kertosono akan diberikan bantuan-bantuan yang sudah disiapkan oleh BPBD dan Dinas Sosial," ujarnya.

Selain di Kelurahan Patokan, banjir akibat luapan Sungai Kertosono itu juga melanda Desa Rangkang dan Kelurahan Kraksaan Wetan.

Wabup Timbul juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak luapan air banjir Sungai Kertosono. Bantuan ini berasal dari BPBD Kabupaten Probolinggo dan Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo.

: