Giliran Menteri 'Rangkap’ Fotografer Basuki dengan Topi Terbalik Masuk Instagram Jokowi
FOTO Instagram @jokowi

Bagikan:

JAKARTA - Gambar ilustrasi yang diunggah Presiden Jokowi lewat akun Instagram @jokowi kembali jadi perhatian warganet. Kini giliran Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang beraksi menjadi fotografer dengan topi terbalik masuk ke Instagram Jokowi.

Jokowi mengunggah gambar ilustrasi terkait batik. Batik Indonesia disebut Jokowi sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi yang diakui oleh UNESCO. Batik dengan aneka corak dan warna digunakan masyarakat dalam berbagai suasana, dari perhelatan resmi, panggung fesyen, hingga kehidupan sehari-hari.

“Para pemimpin negara G20 juga mengenakan batik saat menghadiri jamuan makan malam di kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali, Selasa 15 November lalu. Batik-batik itu menjadi cinderamata Indonesia untuk tamu-tamu penting kita,” katanya.

“Yang merah dicelup dengan pewarna dari buah mengkudu di Lasem, yang biru diwarnai dengan tanaman indigo di Pekalongan, dan warna cokelat dari tanaman soga yang dikerjakan di Solo/Yogyakarta,” sambungnya.

Di gambar ilustrasi ini, ada Menteri PUPR Basuki yang sedang memotret perempuan mengenakan batik. Tentu saja, kucing oren atau kucing oyen—kebanyakan warganet menjulukinya—tetap hadir di gambar ilustrasi kali ini.

Di unggahan Jokowi, juga ada gambar seorang anak dengan angsa putih, yang sedang viral di TikTok. Gambar ‘nyeleneh’ lainnya yang muncul yakni sangkar burung dengan tulisan ‘Sarangbeo’.

Kembali ke Basuki, menteri ‘merangkap’ fotografer pemimpin negara/kepala pemerintahan G20 di Tahura Bali.  Dia memang jadi sorotan gara-gara aksi yang boleh dibilang nyentrik itu.

"Ada waktu luang sekaligus Beliau (Menteri PUPR) menyalurkan itu hobi fotografernya," kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja.

Presiden Jokowi sengaja mengajak perwakilan media resmi G20 berkeliling Tahura sembari menunggu pemimpin negara anggota G20 tiba di lokasi karena merupakan salah satu rangkaian acara Presidensi G20 Indonesia.

Salah satu momen menarik dalam kegiatan tersebut adalah adanya Menteri Basuki yang mengenakan pakaian santai dilengkapi dengan topi yang dipakai terbalik.

Dalam gaya nyentriknya itu, Menteri Basuki tampak membawa kamera DSLR dengan lensa panjang yang digantungkan di bahunya.

Sepanjang Presiden Jokowi mengelilingi Tahura, Menteri Basuki tak kalah semangat dengan para awak media dalam mendokumentasikan berbagai momentum saat itu.

Bahkan, tak jarang Menteri Basuki sempat terlihat berebut tempat dengan awak media agar mendapat angle foto yang bagus dan menarik.