Kehadiran Pimpinan Dunia Bukti Kepercayaan Presidensi Indonesia
Presiden Jokowi dalam KTT G20 Bali/FOTO via Instagram @jokowi

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menilai kehadiran 17 pimpinan negara di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 membuktikan bahwa presidensi Indonesia dipercaya mampu menyelenggarakan acara tersebut dengan baik.

"Di tengah berbagai tantangan global, mulai dari krisis energi, krisis pangan, hingga krisis keuangan, para pemimpin negara G20 berkomitmen hadir di Pulau Dewata untuk membahas berbagai persoalan global," kata Puan dalam keterangan tertulis dilansir ANTARA, Selasa, 15 November.

Diharapkan pula agar kepercayaan dunia terhadap pemerintah Indonesia harus dijaga dengan baik sehingga persiapan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah G20 harus didukung seluruh elemen masyarakat.

Menurut dia, berbagai aturan yang diterapkan pemerintah demi kelancaran pelaksanaan KTT G20, sudah selayaknya ditaati dan dipatuhi masyarakat Indonesia demi nama baik negara.

"Antisipasi keamanan selama perhelatan KTT G20 pun diharapkan bisa lebih ditingkatkan lagi. Dengan begitu tidak ada sedikit pun celah bagi pihak yang ingin mengganggu jalannya KTT G20 di Bali," ujarnya.

Puan optimistis semua unsur keamanan yang terlibat dalam pengamanan KTT G20, seperti TNI dan Polri, bersiaga penuh untuk memastikan segalanya berjalan baik.

Menurut dia, KTT G20 menjadi pertaruhan bagi bangsa Indonesia karena semua dunia melihat Indonesia sehingga gangguan keamanan sekecil apa pun harus diantisipasi.

"Terlepas dari itu, DPR mengapresiasi Pemerintah atas berbagai persiapan maksimal dalam perhelatan puncak KTT G20 di Bali. Meski beberapa pimpinan negara tidak hadir, saya yakin Pemerintah sudah melakukan upaya komunikasi terbaik," kata Puan.

Ketua DPR mengapresiasi seluruh kerja keras pemerintah Indonesia untuk penyelenggaraan KTT G20 dan juga mampu mengendalikan dinamika di tengah berbagai isu menjelang perhelatan puncak acara G20.

Selain itu, Puan menyoroti beberapa kesepakatan yang berhasil dicapai di bidang kesehatan, dekarbonisasi, dan restorasi mangrove dalam rangkaian acara KTT G20.

"Sebagai tuan rumah yang baik dan bertanggung jawab, kita sepatutnya bangga dengan berlangsungnya KTT G20 di Bali. Bali bukan hanya surga bagi pariwisata dunia, melainkan juga menjadi sentrum dari berbagai pembahasan strategis demi masa depan masyarakat dunia yang sejahtera dan berkelanjutan,” katanya.

Puan berharap para pemimpin negara G20 dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan G20 dengan nyaman dan aman, serta menghasilkan kesepakatan para pemimpin dunia yang bermanfaat bagi keberlangsungan kehidupan.