Anies Temui Gibran di Solo, Senior PDIP: Silaturahim Baik Tapi Jangan Dijadikan Siasat Politik
Anies Baswedan bertemu Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Solo/FOTO via Instagram @aniesbaswedan

Bagikan:

JAKARTA - Politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno tak heran dengan langkah mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, di Solo, Jawa Tengah. 

Menurutnya, hal itu normal dilakukan dalam politik. Apalagi, Anies merupakan bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari Partai NasDem. 

"Semua saling berkomunikasi, semua saling mendekati, tukar menukar informasi, kalkulasi dan aspirasi. Apa yang mengherankan buat kita? Yang bagus harus kita puji," ujar Hendrawan kepada VOI, Selasa, 15 November. 

Anggota DPR itu menilai, tafsir-tafsir seperti Anies tengah mencari muka ke Presiden Joko Widodo boleh saja muncul. Mengingat Gibran merupakan putra orang nomor satu di Indonesia. Terlebih lagi, Partai NasDem yang mengusung Anies diisukan renggang dengan Jokowi. 

"Dalam memaknai suatu pertemuan, beberapa tafsir atau spekulasi memang masuk akal. Tapi lebih bijaksana bila kita mencatat peristiwa tersebut untuk menambah kearifan kita," kata Hendrawan. 

Namun yang terpenting, kata Hendrawan, dalam silaturahmi tersebut harus dilatarbelakangi niat tulus dan tidak ada siasat politik yang hanya menguntungkan satu golongan saja. 

"Silaturahim itu baik, apalagi bila dilakukan dengan tulus. Jangan silaturahim dijadikan siasat politik," pungkasnya.