Moeldoko Apresiasi Solo International Art Camp Karena Ini
Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko bertemu dengan seniman yang tergabung dalam Yayasan Jagoan Indonesia di Gedung Bina Graha Jakarta, Rabu 9 November. (Foto KSP)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko memberikan dukungannya terhadap upaya akselerasi pemulihan seni dan budaya pasca pandemi COVID-19, baik yang diinisiasi oleh pemerintah maupun komunitas masyarakat.

Secara khusus, Ia mengapresiasi penyelenggaraan International Art Camp 2022 di kota Solo, Jawa Tengah, sebagai momentum kebangkitan ekosistem seni di Indonesia. "Industri kreatif merupakan salah satu sektor yang paling terdampak oleh pandemi. Para pekerja seni pun kehilangan mata pencaharian. Sudah saatnya ekosistem seni dipulihkan kembali, para pegiat seni punya ruang kembali untuk berekspresi," kata Moeldoko, Rabu 9 November.

Kepala Staf Kepresidenan sendiri sempat bertemu dengan beberapa seniman yang tergabung dalam Yayasan Jagoan Indonesia yang bergerak dibidang pengembangan seni-budaya dan ekonomi kreatif.

Disampaikan dalam pertemuan di Gedung Bina Graha Jakarta pada Rabu 9 November tersebut, Moeldoko meminta agar para pelaku seni tetap optimis dan mendukung upaya pemulihan pasca pandemi yang digalakkan oleh pemerintah. "Saya apresiasi inisiasi penyelenggaraan International Art Camp di Solo, Jawa Tengah. Ini juga merupakan momentum kebangkitan yang menghidupkan kembali ruang kesenian dan kantong kebudayaan di kota Solo," imbuh Moeldoko.

 

Moeldoko saat menerima beberapa seniman yang tergabung dalam Yayasan Jagoan Indonesia yang menggelar acara International Art Camp 2022. (Poto KSP)
Moeldoko saat menerima beberapa seniman yang tergabung dalam Yayasan Jagoan Indonesia yang menggelar acara International Art Camp 2022. (Poto KSP)

 

Sementara itu, Solo International Art Camp yang diinisiasi oleh Yayasan Jagoan Indonesia ini telah terselenggara dua kali yakni di tahun 2016 dan di tahun 2018.

Sempat tersendat oleh pandemi COVID-19, event yang diikuti oleh lebih dari 50 seniman dari 15 negara ini akan diselenggarakan kembali di tahun 2022, tepatnya di tanggal 22 hingga 30 Desember mendatang.


Acara ini tidak hanya menampilkan karya seni dua dimensi (lukisan) dan tiga dimensi (patung), namun juga menampilkan parade kebudayaan sekaligus memberikan ruang dialog bagi seniman.

Moeldoko sendiri menjadi salah satu tamu undangan yang diharapkan hadir dalam rangkaian kegiatan workshop dan pameran seni di kota Solo tersebut.