Pesan Menohok Sandiaga untuk Anak Muda: Jangan Jadi Pengusaha karena PHK
Sandiaga Uno (Foto via Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bercerita bagaimana kegagalan yang pernah dialaminya masa lalu, justru bikin dia semakin kuat.

Sandi mengaku pernah rugi besar dalam sebuah investasi. Namun kata dia, jika ingin sukses, maka harus berani gagal.

"Saya menceritakan kegagalan untuk mengingatkan diri saya dan anak muda, jangan mudah putus asa karena kegagalan adalah anak tangga menuju kesuksesan," ujar Sandiaga, Rabu 2 November.

Dalam sebuah video YouTube yang bertajuk "Sandiaga Uno pt. 2 - JADILAH AGEN PERUBAHAN, BUKAN KAUM REBAHAN", Sandi yang juga seorang pengusaha ini memahami bahwa milenial hanya bertahan di satu perusahaan paling lama satu tahun dan sisanya atau 55 persen dari mereka ingin menjadi pengusaha.

Sandi pun berpesan kepada anak muda jangan sampai menjadi pengusaha harus menunggu di PHK dahulu, namun harus persiapkan dengan matang, belajar yang banyak di startup, setelah siap barulah mulai usaha sendiri.

Bagi Sandi, tidak ada waktu yang lebih baik dalam memulai usaha kecuali dilakukan saat ini juga. Mentorship adalah hal penting yang harus dilakukan dalam menjadi pengusaha. Salah satu cara mendapatkan mentor adalah dengan bergabung di komunitas, misalnya HIPMI.

Selain itu Sandiaga juga menyebut soal bisnis apa yang akan terus berkembang. Menurutnya, bisnis makanan atau kuliner adalah bisnis yang akan selalu bertumbuh dan berkembang. Tapi yang terpenting dari semua ini adalah inovasi, dan membangun network bisnis.