Polres Metro Jakarta Barat Gelar Patroli Skala Besar ke Sejumlah Titik Rawan Kejahatan
Patroli sepeda motor Polres Jakarta Barat, yang digelatr untuk mengantisipasi tindak kriminalitas di beberapa titik rawan kejahatan. (VOI/Rizky Sulistio)

Bagikan:

JAKARTA - Jajaran Kepolisian Polres Metro Jakarta Barat menggelar patroli kepolisian skala besar menggunakan kendaraan roda dua pada Sabtu malam, 29 Oktober. Patroli menyasar ke sejumlah tempat keramaian dan pemukiman penduduk rawan kamtibmas.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pasma Royce mengatakan, kegiatan patroli bermotor untuk memantau situasi Kamtibmas dan warga yang masih beraktivitas di malam hari.

"Patroli menggunakan kendaraan roda dua agar lebih efektif memasuki pemukiman warga," kata Kombes Pasma saat dikonfirmasi, Minggu, 30 Oktober.

Patroli tersebut, dikatakannya, sebagai upaya antisipasi tindak kejahatan termasuk aksi pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian sepeda motor (curanmor) maupun premanisme.

"Saya berharap selain pihak aparat, partisipasi dan peran aktif warga serta elemen masyarakat, bersama-sama untuk menciptakan sistem keamanan lingkungan. Maka dari itu kita perlu bersama menjaganya," ujarnya.

Patroli motor berkeliling secara acak ini juga bertujuan untuk mendapatkan masukan keluhan langsung dari masyarakat.

Adapun lokasi yang dilakukan patroli meliputi Jalan Mangga Dua Raya, Jalan Pinangsia Raya kearah Jalan Raya Hayam Wuruk, Jalan Raya Gajah Mada, Jalan Raya Gajah Mada menuju Jalan Kemurnian IV Glodok, Jalan Kemurnian I menuju jalan Raya Gajah Mada dan kembali Museum Fatahillah atau Polsubsektor Pinangsia.

Patroli juga menyisir permukiman penduduk di kawasan RW 04 Kelurahan Pinangsia, RW 04 Kelurahan Maphar, RW 07 Kelurahan Krukut dan RW 01 Kelurahan Glodok.

"Patroli untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminalitas sehingga wilayah kita akan menjadi aman dan kondusif. Dengan patroli, kita dapat berinteraksi langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.