OJK Berharap Kepala Daerah Sulteng Optimalkan Pengembangan Bank yang Sahamnya Dimiliki Chairul Tanjung Ini
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengharapkan kepala daerah selaku pemegang saham agar mengoptimalisasi mendorong pengembangan Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank Sulawesi Tengah dengan ketahanan permodalan memadai.

"Melalui upaya penambahan modal sehingga aktivitas layanan berbasis teknologi, ITE yang terus dapat dikembangkan sehingga diharapkan dapat sejajar dengan bank umum konvensional lainnya," kata Kepala OJK Perwakilan Sulteng Gamal Abdul Kahar, di Palu, dikutip dari Antara, Jumat 4 Desember. 

Menurut dia, sektor perbankan memang memiliki peran yang sangat pending dalam mendukung perekonomian daerah, khususnya di Sulteng.

Namun, Bank Sulteng sebagai perpanjangan tangan Pemda dalam membantu penyaluran pembiayaan bagi masyarakat yang sejalan dengan visi BPD untuk menjadi bank terpercaya, sehat, maju dan berkembang berdaya saing, berteknologi tepat guna serta berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di provinsi ini.

"Kami menyadari  masih banyak tantangan yang dihadapi BPD dalam perkembangannya di daerah mulai dari masalah permodalan, daya saing, kualitas pelayanan, Sumber Daya Manusia (SDM) hingga inovasi dan perkembangan produk yang keseluruhannya masih perlu ditingkatkan," ujar Gamal. 

Meski begitu, paparnya, kesuksesan penerapan strategi tersebut akan bergantung pada kesadaran dan komitmen yang kuat dari pemegang saham dan pengelola BPD guna mentransformasikan diri menjadi 'champion' daerah sesungguhnya.

Kinerja intermediasi sektor OJK, masih sejalan dengan perekonomian nasional. Berdasarkan catatan Oktober 2020, total aset perbankan secara nasional tercatat sebesar Rp9,075 triliun dengan pertumbuhan 8,74 persen, lalu penghimpunan dana pihak ketiga sebesar Rp6,620 triliun dan ini masih tumbuh di level tinggi sebesar 12,12 persen. 

"Berbicara dukungan OJK terhadap pembangunan di Sulteng, pada Oktober lalu tetap menunjukkan pertumbuhan dibandingkan tahun sebelumnya," ucap Gamal.

Sejalan dengan itu, katanya, peran perbankan di provinsi ini tetap berada di jalur yang positif dalam sektor riil di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi domestik dan global dengan total LDR mencapai 118,26 persen.

Sebagai informasi, Bank Sulteng adalah salah satu BPD yang sahamnya dimiliki konglomerat Chairul Tanjung. Pemilik CT Corp tersebut menguasai 24,90 persen saham Bank Sulteng.