Polisi Sebut Kejuaraan Internasional Tour de Bintan 2022 Berlangsung Aman dan Kondusif
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

TANJUNGPINANG - Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Kepulauan Riau Kombes Harry Goldenhardt menyatakan, ajang balap sepeda internasional Tour de Bintan yang berlangsung 14-16 Oktober 2022 berlangsung aman dan kondusif.

"Alhamdulillah kegiatan 'Tour de Bintan' berjalan lancar dan situasi sangat kondusif," kata Harry dikutip dari Antara, Minggu, 16 Oktober.

Ia mengemukakan, sistem keamanan dilakukan secara ketat karena melibatkan ratusan peserta dari 33 negara.

Sebanyak 336 anggota kepolisian dan 15 orang anggota TNI dikerahkan untuk mengamankan kegiatan tersebut.

Petugas keamanan melakukan pemantauan di sejumlah lokasi. Pada hari pertama Tour de Bintan, petugas siaga di 4 pos di persimpangan jalan yang dilalui peserta, kemudian pada hari kedua di 31 pos yang berada di persimpangan jalan.

Hari ini, petugas mengawasi dari 31 pos di persimpangan jalan.

"Kami membangun pos keamanan terpadu di setiap simpang jalan yang dilalui peserta. Kami harus pastikan seluruh peserta, panitia dan warga dalam kondisi aman, dan kegiatan berlangsung lancar," tegasnya.

Harry berharap, kegiatan pariwisata bertaraf internasional ini dapat memberikan kepercayaan kepada warga negara asing bahwa objek wisata di Kepri, khususnya di Lagoi, Bintan, dalam kondisi aman dan nyaman.

"Lagoi dan destinasi wisata lainnya di Kepri sudah siap menerima wisman. Kami berharap kunjungan wisman terus meningkat untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional," ucapnya.

Ratusan personel dari berbagai instansi di Bintan juga bekerja sama menyukseskan kegiatan itu.

Dinas Perhubungan Bintan mengerahkan 71 orang personel untuk mengatur lalu lintas jalan raya yang dilalui peserta Tour de Bintan, dan 64 orang anggota Satpol Pamong Praja ikut mengamankan pelaksanaan Tour de Bintan.

"Sebanyak 30 orang personel keamanan PT Bintan Resort Cakrawala juga ikut mengamankan pelaksanaan Tour de Bintan," jelasnya.

Harry memberi apresiasi kepada TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Bintan, petugas kesehatan dan satuan keamanan dari perusahaan yang mengelola kawasan pariwisata di Lagoi.

"Dengan kerja sama, sinergisitas yang terbangun, Dinas Pariwisata Bintan berhasil menyelenggarakan kegiatan pariwisata bertaraf internasional," ujarnya.