BMKG Ramalkan Jakarta Diguyur Hujan Sore Ini
Pengendara menerobos hujan lebat di jalan protokol Kota Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA-Nova W)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meramalkan sejumlah titik di DKI Jakarta akan diguyur hujan diikuti kilat dan angin kencang pada Kamis 6 Oktober sore.

Hujan lebat itu berpeluang terjadi Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur dari sore atau menjelang malam hari.

Sementara itu, BMKG juga menyampaikan potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang juga terjadi di wilayah Indonesia lain.

Adapun potensi hujan itu selain di DKI Jakarta berpeluang terjadi di Provinsi Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Papua Barat juga menghadapi potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Menurut BMKG, peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi atau daerah pertemuan angin meningkatkan peluang hujan di wilayah Indonesia.

BMKG menyatakan sirkulasi siklonik terpantau di sekitar Kalimantan Utara dan Selat Makassar, yang antara lain membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Tengah serta dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Barat.

Di samping itu, daerah konvergensi terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Perairan Barat Sumatera Barat hingga Sumatera Barat, dari Laut Jawa hingga Bangka Belitung, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, dari Laut Sulawesi hingga Kalimantan Utara, serta Papua hingga Papua Barat.