Menteri PUPR Targetkan 6.400 Sambungan Air Bersih saat SPAM Raknamo Beroperasi
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan) saat melakukan kunjungan kerja di Kupang. (foto: dok. antara)

Bagikan:

KUPANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan sebanyak 6.400 rumah tangga di Kabupaten Kupang akan menikmati air bersih jika Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Raknamo sudah beroperasi.

"Jika SPAM ini sudah beroperasi, ditargetkan 6.400 sambungan rumah akan dialiri air bersih," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kupang, Sabtu, 1 Oktober, yang dikutip Antara.

Dia mengatakan capaian pembangunan SPAM Raknamo itu sudah mencapai 63 persen dan ditargetkan pada April 2023 mendatang bisa dimanfaatkan untuk dialirkan ke ribuan rumah di kabupaten Kupang.

Basuki menilai bahwa untuk menyejahterakan masyarakat di NTT khususnya di Kabupaten Kupang air merupakan kunci utamanya.

Dia menceritakan pada tahun 1984 ketika dirinya pertama kali menjadi penyuluh pertanian di Kabupaten Kupang, kawasan Oesao yang kini menjadi daerah persawahan sangat kering.

Bahkan daerah itu sulit menghasilkan sayur sayuran, sehingga jika membutuhkan sayur harus pesan dari luar NTT. Namun kini semuanya sudah berubah setelah ada saluran irigasi yang dibangun ke daerah itu setelah adanya pembangunan bendungan dan embung.

Untuk diketahui bahwa anggaran untuk pembangunan SPAM Raknamo mencapai Rp87,27 miliar dengan kapasitas 40 x 2 liter per detik.

Sebanyak delapan desa dipastikan akan mendapatkan pelayanan air bersih. Delapan desa di Kabupaten Kupang itu antara lain, Desa Raknamo, Manusak, Oelamasi, Desno, Kairane, Fatukanutu, Oefeto dan Kuanheum.

Keberadaan bendungan Raknamo yang sudah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 2018 lalu itu akan menjadi penyedia air baku untuk disalurkan SPAM lalu dari SPAM disalurkan ke rumah warga.

Lingkup pengerjaan bendungan ini meliputi jaringan perpipaan jaringan transmisi air baku, sistem pengolahan air bersih, reservoir distribusi berkapasitas 300 meter kubik dan kapasitas 200 meter kubik. Selain itu juga dibangun jaringan perpipaan distribusi air bersih pada SPAM Raknamo.