Sherpa Meeting dalam Presidensi G20 Eratkan Para Delegasi dengan Kekayaan Budaya dan Sejarah Nusantara
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Sherpa Meeting dalam Presidensi G20 Indonesia menjadi momentum untuk mengeratkan para delegasi dengan kekayaan dan keragaman budaya serta sejarah Nusantara.

Salah satu momentum ini terlaksana saat Pertemuan Sherpa ke-3 yang diakhiri dengan site visit mengunjungi situs Candi Borobudur, Balai Ekonomi Desa (Balkondes) serta situs Candi Mendut.

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Sabtu 1 Oktober, seluruh delegasi maupun perwakilan lembaga internasional dan observer diajak mengenal budaya serta situs warisan kejayaan Indonesia masa lampau.

Dilansir dari Antara, kunjungan yang dilaksanakan pada Kamis 29 September tersebut diawali dengan menikmati suasana pagi di Candi Borobudur sembari dijelaskan mengenai sejarah terkait berdirinya candi tersebut.

Selepas dari berkeliling melihat langsung keindahan Candi Borobudur dan menikmati sarapan pagi, seluruh anggota rombongan diajak untuk mengunjungi Balkondes Karangrejo dan Balkondes Ngadiharjo.

Dalam suasana penuh keakraban dan berlangsung sangat cair, perjalanan dari Candi Borobudur ke Balkondes ditempuh dengan menggunakan kendaraan wisata Volkswagen Safari.

Balkondes sendiri merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dengan menyasar desa-desa berpotensi untuk meningkatkan perekonomian desa yang dimaksud.

Balkondes sendiri ditujukan untuk menumbuhkan peluang wisata dan membuka kesempatan bagi pertunjukan budaya serta meningkatkan perekonomian dan lapangan kerja bagi penduduk setempat.

Para pelaku UMKM setempat menjadi bagian dari kegiatan kunjungan para delegasi dengan menjajakan berbagai ragam produk sehingga dapat mengangkat branding produk-produk lokal ke kancah internasional.

Para peserta turut diajak mencoba berbagai aktivitas seperti membuat gerabah, membatik, dan bermain gamelan.

Sebelum mengakhiri kunjungan, seluruh anggota rombongan diajak untuk menikmati cagar budaya peninggalan sejarah yakni Candi Mendut.

Candi Mendut merupakan candi agama Buddha yang diduga dibangun pada abad ke-9 serta merupakan salah satu candi dari tiga serangkai candi di Magelang yaitu Candi Borobudur, Pawon dan Mendut.

Setelah site visit ini, para Delegasi diharapkan dapat bersiap kembali untuk menghadapi Pertemuan Sherpa ke-4 dan KTT G20 di Bali pada November mendatang.