Kawasan Kya-Kya di Kembang Jepun Surabaya Dicat Nuansa Pecinan
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat memulai mengecet kawasan Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kawasan Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun, Kota Surabaya, Jawa Timur, mulai dicat nuansa pecinan dengan perpaduan warna merah tua dan kuning emas.

"Selain itu ada juga perpaduan warna hijau dan hitam. Jadi nanti setiap nama toko yang ada di Kya-kya akan dibuatkan dari papan," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, dikutip Antara, Minggu.

Cak Eri, panggilan lekatnya, menjelaskan detail-detail seperti papan nama toko itu semakin membuat kawasan ini kental dengan pecinan. Saat ini, Pemkot sedang berkoordinasi dengan pemilik toko yang ada di kawasan Kembang Jepun.

"Kalau sudah dikatakan kawasan ini sebagai kampung pecinan, ya, ayo dijadikan kampung pecinan betul. Ketika tempat ini dijadikan wisata atau pusat kuliner khas pecinan itu (Kota Surabaya) akan semakin menarik," ujar Cak Eri.

Menurut Cak Eri, Pemerintah Kota Surabaya juga menerima program corporate social responsibility (CSR) Colouring Live Nippon Paint, untuk pengembangan kawasan Kya-Kya.

CSR berupa 125 liter cat jenis Nippon Weatherbond dan Pylox Basic tersebut diserahkan secara langsung oleh Asisten General Manager Nippon Paint, Wirya Atmaja kepada Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi di Kembang Jepun, Surabaya pada Sabtu.

Cak Eri mengatakan, CSR ini bukan yang pertama diberikan kepada Pemkot Surabaya untuk pengembangan kawasan Kota Tua di Surabaya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKPP) Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad menambahkan, rencana pengecatan kawasan Kya-Kya Surabaya akan dimulai dua pekan lagi.

"Pak Wali Kota ingin dicat semirip mungkin dengan aslinya, seperti kampung pecinan di Tiongkok. Rencananya dua pekan lagi," ujar dia.*