Anies Siap Maju Capres 2024, Pengamat: SBY dan JK Akan Turun Gunung, Pasangkan Anies dengan AHY
Gubernur DKi Jakarta Anies Baswedan saat berada di Singapura. (foto: twitter @aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan siap mencalonkan diri sebagai presiden apabila ada partai politik yang mengusungnya. Kesiapan itu diungkapkannya dalam wawancara bersama media asing, Reuters, di Singapura dua hari lalu. 

Berita itu membuatnya kini santer dipasangkan dengan kandidat-kandidat capres cawapres RI 2024. Seperti Prabowo Subianto - Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ganjar  Pranowo - Ridwan Kamil, dan Anies Baswedan - Agus Harimurti Yudhoyono. Bahkan beberapa survei menjagokan pasangan Anies - AHY untuk memenangkan Pilpres 2024. 

"Tentu, Partai Demokrat wait and see terbentuknya koalisi PKS, Nasdem dan  Demokrat untuk mengusung duet Anies - AHY," ujar pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Andriadi Achmad, kepada VOI, Sabtu, 17 September. 

 

Menurut Andriadi, pasangan Anies - AHY sangat potensial dan ideal. Di mana, ada perpaduan antara kepemimpinan sipil dan militer, Intelektual dan berintegritas. 

 

"Hemat saya, sulit untuk memastikan pasangan Anies selain AHY," kata Direktur Eksekutif Nusantara Institute PolCom SRC itu. 

 

Andriadi menduga, duet Anies - AHY akan terwujud. Sebab, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono sampai turun gunung berkomunikasi dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh. 

 

Bahkan, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla pun sampai ke Cikeas untuk bicara empat mata dengan SBY terkait peta politik 2024. Disebut-sebut, Jusuf Kalla merupakan mentor Anies Baswedan selama ini. 

 

"Karena itu pantas SBY, Surya Paloh, dan Jusuf Kalla akan turun gunung dalam memenangkan Anies - AHY dalam Pilpres 2024," kata Andriadi.