Sandiaga Bagikan Cerita Inspiratif untuk UMKM Palembang: Dari Pengangguran Hingga Punya 30 Ribu Pekerja
Sandiaga Uno (Foto via Kementerian)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno baru-baru ini memberikan cerita saat dirinya menjadi pengangguran. Hal tersebut dialaminya sekitar 25 tahun lalu.

Ia bercerita saat menghadiri Sarasehan Pelaku Ekraf (Ekonomi Kreatif) di Kota Palembang kemarin, Rabu 14 September. Meski pernah jadi pengangguran, dirinya kini sukses menjadi pengusaha yang memiliki 30 ribu pekerja.

"Dulu sebelumnya, saya pernah kehilangan penghasilan saat bekerja dari peringkat jabatan karyawan hingga menjadi seorang pengangguran," kata Salahuddin Uno di depan pelaku UMKM Palembang, seperti dalam keterangan tertulis, Kamis 15 September.

Cerita berlanjut saat dirinya berusia 28 tahun. Di usia tersebut, Sandiaga Uno mulai merintis usaha dengan berawal hanya memiliki 3 orang karyawan.

“Alhamdulillah dari sejak 25 tahun lalu, saya bangkit untuk memulai usaha. Awalnya saya hanya memiliki 3 karyawan saja, saya di saat awal usaha menggunakan pola ekonomi kreatif. Karena kerja keras saya berusaha sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan. Dan sampai saat ini bisa mempekerjakan 30 ribu karyawan di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Setelah ia menyampaikan awal mula ia berusaha hingga sukses, ia juga membagikan beberapa tips untuk pelaku UMKM di kota Palembang agar bisa mencapai sukses

"Jika UMKM mau sukses itu, pertama yaitu inovatif, adaktif, dan kolaboratif. Kedua, berani mengambil resiko dan ketiga jalin relasi dan networking. Karena ekraf ini berbasis silaturahim, karena silaturahim itu memperpanjang umur dan memperluas rejeki kita," kata Sandi dengan nada semangat.