Kata Polri Soal Hacker Bjorka yang Diklaim Sudah Terdeteksi
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo/DOK VOI-Rizky Adytia

Bagikan:

JAKARTA - Polri menyebut Direktorat Tindak Pidana Siber masih mengusut aksi peretasan Bjorka. Meski Menko Polhukam Mahfud MD sempat menyatakan hacker Bjorka sudah teridentifikasi.

“Tim gabungan masih bekerja,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Rabu, 14 September.

Namun tak disampaikan secara gamblang mengenai langkah pengusutan yang sudah dan sedang dilakukan.

Sejauh ini, jenderal bintang dua itu hanya menyebut bakal memberikan informasi lanjuta dari Direktorat Tindak Pidana Siber

“Nunggu updatenya dari Dirtipisiber juga,” kata Dedi.

Mahfud sempat mengatakan keberadaan Bjorka sudah diketahui. Peretas atau hacker anonim yang jadi sorotan itu telah berhasil diidentifikasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri.

Hal ini disampaikan Mahfud usai menggelar rapat di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Menkominfo Johnny G Plate dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Kita terus menyelidiki karena sampai sekaran ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri," kata Mahfud.

Meski sudah teridentifikasi, Mahfud mengatakan orang di balik Bjorka belum akan disampaikan ke publik. Namun, Mahfud memastikan sudah memegang data termasuk mengetahui keberadaan hacker tersebut.

"Belum bisa diumumkan gambaran-gambaran siapa dan di mananya kita sudah punya alat untuk melacak itu semua," tegasnya.