Basarnas Bakal Kerahkan Kapal Canggih KN SAR Wisnu dan 2 Helikopter Saat Gelaran KTT G20
Deputi Bidang Operasi Pencarian-Pertolongan dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno/FOTO: Dafi-VOI

Bagikan:

DENPASAR - Deputi Bidang Operasi Pencarian-Pertolongan dan Kesiapsiagaan Basarnas Laksamana Muda TNI Ribut Eko Suyatno menyatakan Pulau Bali siap menyambut KTT G20 pada November mendatang.

"Bali siap menyambut G20. Kemarin dari kepolisian sudah mengundang Basarnas untuk kesiapan ini. Jadi kita sudah menyusun (pengamanan)," kata Laksamana Suyatno saat ditemui di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis, 8 September.

Basarnas rencananya menyiapkan dua helikopter dan kapal canggih. Kapal Nasional (KN) SAR Wisnu akan dibawa ke Bali.

"Ini  tetap kami komunikasikan dengan pemangku wilayah dalam hal ini Pangdam Udayana, bagaimana kehadiran kita memberikan rasa aman dan siap siaga dalam evakuasi medis udara, apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dari para delegasi," paparnya.

"Untuk personel kurang lebih 125 (orang) nanti ada dari tim SAR Bali dan perkuatan dari Jakarta. Mungkin Basarnas special group akan kami siapkan," lanjutnya.

Menurutnya, kekuatan personel dan peralatan cukup untuk kesiapsiagaan dalam pengamanan evakuasi di KTT G20.

“Karena kita untuk evakuasi medis udara, apabila terjadi apa-apa dari para peserta delegasi yang mengikuti G20. Kita berharap tidak terjadi apa-apa," ujar Laksmana Muda Suyatno.