Gubernur Koster: Perekonomian Bali Hampir Pulih, Vaksinasi Booster Capai 80 Persen
Gubernur Bali Wayan Koster/DOK PEMPROV BALI

Bagikan:

DENPASAR -  Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan perkembangan pandemi COVID-19 di Pulau Bali yang dinilai stabil dan membaik.

Jumlah kasus baru COVID-19 terus menurun dengan konsisten. Jumlah yang masuk ke rumah sakit semakin menurun dan jumlah yang sembuh semakin meningkat. Sedangkan jumlah yang meninggal mendekati nol atau hampir tidak ada yang meninggal.

"Pencapaian vaksinasi semakin meningkat, vaksinasi ke satu mencapai 106 persen, vaksinasi ke dua  mencapai 97 persen dan 

vaksinasi ke tiga atau booster sudah mencapai lebih dari 80 persen. Pencapaian vaksinasi di Bali tercepat dan tertinggi di Indonesia," kata Koster, Senin, 5 September.

Semakin baiknya kondisi pandemi COVID-19 dan tingginya vaksinasi di Bali sudah mampu kembali menjadikan Bali sebagai destinasi wisata yang nyaman, aman, dan kondusif untuk dikunjungi wisatawan domestik (wisdom) dan wisatawan mancanegara (wisman).

"Juga meningkatnya kunjungan wisdom dan wisman ke Bali, secara langsung telah berdampak pada pemulihan pariwisata dan pemulihan perekonomian Bali dan Bali mulai bangkit kembali," katanya.

Hal tersebut ditunjukkan dengan pertumbuhan perekonomian Bali yang terus meningkat sejak munculnya pandemi COVID-19 tahun 2020. Kendati di tahun 2020, perekonomian Bali mengalami keterpurukan ditandai dengan  pertumbuhan negatif atau kontraksi, sebesar -9,31 persen, tahun 2021 dengan pertumbuhan  negatif atau kontraksi, sebesar -2,47 persen.

Sedangkan pada tahun 2022 pada triwulan I dengan pertumbuhan mulai positif, sebesar 1,46 persen dan pada triwulan II dengan pertumbuhan positif  sebesar 3,04 persen.

Dengan berbagai kebijakan baru dalam penataan kepariwisataan Bali, telah mampu membangun dan memperkuat citra positif Bali sebagai destinasi wisata utama dunia  yang ditandai dengan Ubud sebagai kota terbaik di dunia versi majalah travel and leisure tahun 2021.

Kemudian penghargaan travelers choice best of the best 2022 dari situs perjalanan tripAdvisor, bahkan pada tahun 2021 mengalahkan London, Dubai, dan Roma.

"Bali dinobatkan sebagai destinasi wisata yang paling membahagiakan di dunia dari ClubMade tahun 2022, mengalahkan Las Vegas dan New Orleans," katanya.

Gubernur Koster juga mengajak masyarakat secara bersama- sama dengan tertib, disiplin, dan penuh rasa tanggung jawab mengikuti arahan  kebijakan pemerintah terkait pandemi COVID-19 dan mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kepercayaan masyarakat nasional dan internasional terhadap Bali, yang sangat diperlukan dalam rangka mendukung rangkaian pertemuan Presidensi G20 yakni puncak pertemuan Kepala Negara Presidensi G20 pada tanggal 15 hingga 16 November 2022, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi.

"Dengan demikian momentum pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali terus berlanjut dengan  semakin baik, sehingga perekonomian Bali bangkit kembali, dengan pertumbuhan di atas rata-rata nasional seperti sebelum pandemi COVID-19," ujarnya.