Nelayan yang 6 Jam Terombang-ambing di Laut Pulau Semau NTT Diselamatkan
Proses evakuasi nelayan yang alami mati mesin kapal. ANTARA/Ho-SAR Kupang

Bagikan:

KUPANG - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas A Kupang berhasil menyelamatkan dan mengevakuasi dua nelayan asal Kota Kupang yang terombang-ambing di tengah laut akibat mesin kapalnya rusak.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang I Putu Sudayana mengatakan lokasi ditemukannya kedua nelayan itu di sekitaran Pulau Semau.

“Syukurlah mereka dalam keadaan selamat dan sehat-sehat saja,” katanya dilansir ANTARA, Jumat, 19 Agustus.

Kedua nelayan itu juga sudah diserahkan kepada keluarga mereka di Kelurahan Nunhila Kota Kupang.

Berdasarkan kronologis kejadian, diketahui kedua nelayan yang bernama Lodowi Tana Kore dan Mone Hepe itu melaut sejak pukul 05.00 WITA.

Saat sedang melaut perahu ketiting yang digunakannya mati mesin sejak pukul 14.30 WITA. Pihak keluarga yang panik, baru menghubungi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang pukul 19.05 Wita.

Usai mendapatkan laporan itu, tim pun berkoordinasi dengan mengumpulkan data, sehingga pukul 19.18 WITA tim Rescue dan ABK Basarnas Kupang menggunakan RIB 10 Kupang bergerak cepat menuju lokasi perkiraan posisi korban guna melaksanakan pencarian.

Upaya Tim SAR membuahkan hasil, pada pukul 20.58 Wita atau kurang lebih enam jam perahu mati mesin, tim SAR berhasil menemukan keduanya dalam keadaan selamat.