Tak Ingin Ada Lagi yang Tersandung Duit Haram, Ketua KPU Ingatkan Jajaran Tak Mudah Tergoda
ILUSTRASI DOK VOI

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengingatkan jajarannya untuk tidak mudah tergoda dan tetap tegak lurus pada aturan terkait penyelenggaraan Pilkada dan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Hal itu selaras dengan pesan Sunan Kudus yang berpesan agar manusia tidak mudah terpikat dan tidak tergoda dengan perbuatan tidak benar, kata Hasyim usai penandatanganan nota kesepahaman antara KPU Yogyakarta dan Gubernur Sri Sultan Hamengkubuwana X di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta.

"Saya mengingatkan kepada teman-teman KPU provinsi maupun KPU kabupaten dan kota se-DIY pesannya Sunan Kudus. Sunan Kudus pernah berpesan kepada kita semua ojo gumunan lan ojo gampang kepincut (jangan mudah terlena dan jangan mudah tergoda)," kata Hasyim dilansir ANTARA, Jumat, 19 Agustus.

Jajaran KPU diminta tidak gampang silau terhadap berbagai dinamika yang muncul pada Pemilu 2024. Patokan dalam tugas ditegaskan Hasyim mengacu pada prinsip dan asas pemilu di Indonesia, katanya.

"Kita, penyelenggara pemilu, punya prinsip punya asas-asas dalam penyelenggaraan pemilu," sambungnya.

Penyelenggara pemilu diminta mampu menahan diri dari berbagai bentuk godaan yang dipastikan muncul saat momentum pesta demokrasi. Untuk menepis godaan itu, menurut Hasyom, para penyelenggara pemilu harus bekerja berlandaskan aturan dan kode etik yang telah ditetapkan.

"Dalam dunia kepemiluan pasti banyak godaan baik makhluk yang kasar maupun makhluk yang halus. Ini supaya kita dalam menyelenggarakan pemilu tetap bekerja berdasarkan aturan dan sesuai kode etik," katanya.

Penyelenggara pemilu juga harus siap mendapatkan teguran dari masyarakat jika ketahuan melenceng dari aturan dalam menyelenggarakan pemilu.

"Karena semua ini masih manusia biasa, kalau ada apa-apa mohon ditegur, mohon dikasih arahan, diingatkan supaya kalau mulai ada yang 'miring-miring' bisa kembali ke jalan yang benar," imbuhnya.

Untuk mewujudkan keberhasilan Pilkada dan Pemilu Serentak 2024, dia mengatakan KPU tidak mungkin dapat bekerja sendiri; sehingga perlu kerja sama dan kolaborasi berbagai pihak di daerah.

Karena itu, Hasyim mengapresiasi komitmen Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta pimpinan daerah di kabupaten dan kota setempat untuk mewujudkan Pilkada dan Pemilu Serentak 2024 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, demokratis, dan berintegritas.

"Kami meyakini ini tidak bisa dilakukan sendirian oleh KPU walaupun oleh konstitusi disebutkan bahwa KPU berkarakter mandiri," ujar Hasyim.