Pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara Baru dalam Proses Lelang
DOK Kementerian PUPR

Bagikan:

JAKARTA - Pembangunan Istana Negara di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di wilayah Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur saat ini dalam proses lelang.

Pembangunan Istana Negara di kawasan ibu kota negara baru jelas Kepala Badan Otorita IKN Nusantara Bambang Susantono dalam tahap lelang di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Proses lelang pembangunan Istana Negara yang direncanakan akan dibangun pada tahun ini (2022) dalam tahap masa sanggah,” katanya dikutip ANTARA, Rabu, 17 Agustus. 

Bambang berharap Kementerian PUPR melakukan percepatan proses lelang agar pengerjaan pembangunan Istana Negara dapat mulai dilaksanakan pada tahun ini.

Istana Negara sebagai tempat Presiden tinggal dan berkantor, juga istana Wakil Presiden menjadi yang pertama dibangun di kawasan ibu kota negara Indonesia baru.

Termasuk sejumlah bangunan kantor kementerian serta fasilitas TNI dan Polri rencananya bakal dibangun pada tahun ini.

Menyangkut Presiden Joko Widodo akan melakukan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan, Badan Otorita belum mendapatkan jadwal resmi.

"Kami belum dapat arahan apakah Presiden melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan atau peresmian gedung setelah selesai dibangun," kata Bambang.

Sejumlah pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur sudah ada yang berjalan. 

Pembangunan infrastruktur dasar yang sedang berjalan tersebut di antaranya pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi dan pembangunan pengambil air (intake) Sungai Sepaku.

Kemudian pembangunan jalan lingkar Sepaku serta pelebaran jalan poros Petung-Sepaku juga tengah dilakukan.