Gubernur Sulsel soal Stadion Mattoanging: Bayangkan Kalau Ada Event Nasional-FIFA, Ada Efek Ekonomi
Stadion Mattoanging Makassar Sulsel (DOK. Instagram nurdin.abdullah)

Bagikan:

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah berbicara soal pembangunan ulang Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar. Setelah rampung, Stadion Mattoanging diyakini berdampak positif terhadap ekonomi Sulsel.

"Bayangkan kalau ada event nasional, kejuaraan Presiden, Liga, tambah lagi FIFA juga main di sini, hotel pada penuh. Kalau hotel penuh, restoran juga penuh, itulah efek yang kita akan rasakan nanti," ujar Nurdin Abdullah dalam sambutannya pada Focus Group Discussion (FGD) pembangunan Stadion Mattoanging Makassar, Rabu, 18 November 2020. 

Semua pihak sambung Gubernur Nurdin diharapkan mendukung proses pembangunan Stadion Mattoanging. Target pembangunan ulang stadion ini diharapkan rampung dalam waktu 18 bulan.

"Tugas kita adalah bagaimana kita sukseskan, dalam waktu dekat kita akan lelang pembongkaran, selesai dalam bulan ini. Setelah itu kita akan lelang untuk lakukan pembangunan fisik, mudah-mudahan 18 bulan ke depan bisa kita nikmati," tuturnya.

Bila pembangunan Stadion Mattoanging rampung, maka stadion ini menambah daya dorong pertumbuhan ekonomi Sulsel. Apalagi kondisi ekonomi saat ini terdampak negatif akibat pandemi COVID-19.

"Yang kedua, kita selalu berharap stadion ini selesai, bertambah lagi satu fasilitas kita dan yang akan mendorong pemulihan ekonomi," tambahnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, Andi Arwin Azis, menambahkan, pembangunan Stadion Mattoanging Makassar ini merupakan program prioritas Pemprov Sulsel. Gubernur menurut dia berkomitmen terhadap sarana olahraga khususnya pecinta sepak bola.

"Ini adalah salah satu program prioritas dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Ini juga adalah upaya dari Bapak Gubernur Sulsel untuk seluruh pencinta sepakbola dan ini untuk mendukung prestasi dalam persepakbolaan di Sulawesi Selatan," kata dia.

Didukung DPRD Sulsel

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, menegaskan dukugan penuh pembangunan proyek strategis Stadion Mattoanging, selama 18 bulan ke depan. Meskipun pada awalnya, dia sempat tidak percaya proyek ini bisa terwujud.

"Saya sampaikan memang di awal 2020, pembahasan hal ini menjadi tanda tanya besar buat kami. Kami sepertinya tidak percaya bahwa hal ini bisa tercapai. Tetapi, dengan melihat usaha dari Bapak gubernur Sulsel, alhamdulillah dengan semangat beliau mengusahakan bagaimana anggaran yang ada, yang dibutuhkan untuk pembangunan proyek ini kemudian hadir tanpa sangat membebankan APBD Sulsel," ujar Andi Ina.

Dia berharap, proyek strategis ini berjalan sesuai dengan rencana bersama. Menurut dia, pembangunan fasilitas Stadion Mattoanging ini merupakan sebuah kebanggaan baru bagi masyarakat Sulsel dan Kota Makassar khususnya. 

"Kami berharap proyek ini akan berjalan dengan baik. Insyaallah akan sesuai dengan waktu yang ditentukan, agar masyarakat Sulsel dan tentu suporter PSM Makassar merasakan Stadion Mattoanging yang tentu tidak kalah saing dengan yang ada di luar negeri," ujarnya.