Gelar Pesta Rakyat Hari Jadi ke-72, Pemkab Bekasi Dorong Momentum Kebangkitan UMKM Pulih dari Pandemi
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menggelar pesta rakyat di area parkir timur Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, dalam rangka memeriahkan hari jadi ke-72 daerah itu sebagai persembahan hiburan segenap masyarakat.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menyatakan selain memperingati hari jadi ke-72 yang jatuh pada Senin 15 Agustus, pesta rakyat ini juga digelar untuk membangkitkan perekonomian masyarakat usai pandemi COVID-19.

"Ini merupakan pestanya rakyat Kabupaten Bekasi yang menjadi bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Ke-72 Kabupaten Bekasi," katanya seperti diberitakan Antara di Cikarang, Jawa Barat, Minggu 14 Agustus.

Dia mengatakan pesta rakyat ini berisi bazar produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), panggung hiburan, hingga karnaval kendaraan hias yang akan dilaksanakan pada Rabu 17 Agustus sekaligus memeriahkan Hari Proklamasi Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia.

Kegiatan pesta rakyat ini terwujud berkat hasil kerja keras, kesigapan, dan keseriusan segenap perangkat daerah serta didukung pihak sponsor Bank BJB meski belum terencanakan dan dianggarkan sebelumnya.

"Mudah-mudahan bisa jadi momentum para pelaku UMKM untuk pulih dari dampak pandemi. Kemudian dengan adanya panggung hiburan, masyarakat mendapatkan hiburan dan anak-anak sekolah juga mendapatkan tempat untuk berekspresi tampil di panggung ini dan kebudayaan kita juga semakin berkembang," katanya.

Dani mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi mengunjungi pesta rakyat, menikmati hiburan yang disuguhkan, mengunjungi pameran UMKM dan mencicipi serta membeli oleh-oleh khas daerah guna membantu pengembangan bisnis pelaku usaha kecil.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna mengatakan dalam rangka membangkitkan semangat untuk pulih usai pandemi, Pemerintah Kabupaten Bekasi menjadikan peringatan hari jadi ke-72 sebagai momentum memacu kembali perekonomian pelaku UMKM.

Iyan juga mengajak seluruh pelaku UMKM untuk bergabung dalam program Bekasi Berani Beli (Bebeli) sebagai sebuah inovasi menjangkau pangsa pasar digital yang jauh lebih luas.

"Ini adalah bagian dari kolaborasi memastikan pelaku UMKM ter-digitalisasi dan menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi dalam tatanan inovasi baru agar bisa lebih jauh berkembang. Kita berharap panggung hiburan ini menyedot atensi masyarakat hingga memaksimalkan daya beli produk UMKM," katanya.

Sementara Kepala Kantor Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Cikarang Arfandy mengaku merasa terhormat karena turut dilibatkan pada kegiatan ini. Sebagai bagian dari Pemkab Bekasi, Bank BJB akan terus berkontribusi terhadap program-program kerja pemerintah daerah.

"Bank BJB Cabang Cikarang adalah bagian dari Pemerintah Kabupaten Bekasi, visi dan misi Bank BJB salah satunya adalah mendekatkan ekonomi kerakyatan dan menumbuhkan ekonomi dari kabupaten itu sendiri. Inilah wujud salah satunya Bank BJB bersama Pemkab Bekasi melakukan acara seperti ini," kata dia.