Tiba-tiba Korut Bikin Pengumuman Penting, Nyatakan Menang Melawan COVID-19
Photo by Micha Brändli on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Dunia tidak tahu bagaimana perkembangan virus COVID-19 di Korea Utara. Namun tiba-tiba negara itu baru saja mengeluarkan pengumuman penting, Korut sudah menang melawan COVID-19.

Pernyataan penting itu disampaikan langsung Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Jong Un sudah memerintahkan pencabutan tindakan anti-epidemi maksimum yang diberlakukan pada Mei, kata media pemerintah, Kamis 11 Agustus dikutip dari CNN.

Korea Utara belum mengungkapkan berapa banyak infeksi yang dikonfirmasi dari virus yang ditemukannya. Namun sejak 29 Juli, Korut melaporkan tidak ada kasus baru.

Analis mengatakan bahwa meskipun Korea Utara yang otoriter telah menggunakan pandemi untuk memperketat kontrol sosial, deklarasi kemenangannya bisa menjadi awal untuk memulihkan perdagangan yang terhambat oleh penguncian perbatasan dan pembatasan lainnya.

Para pengamat juga mengatakan hal itu mungkin membuka jalan bagi Korea Utara untuk melakukan uji coba senjata nuklir untuk pertama kalinya sejak 2017.

Sementara itu, dilansir dari NK News, Kakak perempuannya, Kim Yo Jong, mengatakan dalam sebuah pidato di pertemuan itu yakin orang Korea Selatan sengaja menyebarkan COVID-19 ke Utara pada bulan April.