HUT ASEAN, 1.500 Orang Ramaikan Gelaran 'ASEAN+3 Bazaar' di Mexico City
Pembukaan 'ASEAN+3 Bazaar' di Mexico City, Meksiko. (Sumber: KBRI Mexico City via Kementerian Luar Negeri)

Bagikan:

JAKARTA - Sekitar 1.500 orang memenuhi Teatro Angela Peralta, Miguel Hidalgo, Mexico City, Meksiko pada akhir pekan lalu, untuk menikmati dan meramaikan 'ASEAN+3 Bazaar' yang diinisiasi oleh Kedutaan Besar RI di Mexico City, sebagai ketua ASEAN Committee in Mexico City (ACMC), dan diikuti oleh kedutaan besar negara anggota ASEAN serta mitra ASEAN (China, Jepang dan Korea Selatan) di Meksiko.

Bazar tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan ulang tahun ke-55 ASEAN pada 8 Agustus 2022. Kegiatan dimulai pada pukul 11 pagi dan dibuka oleh Wali Kota Miguel Hidalgo, Mauricio Tabe, serta Duta Besar RI di Mexico City.

"Terdapat kesamaan antara negara anggota ASEAN dan Meksiko dalam hal keragaman budaya, yang dapat menjadi sumber kedekatan ASEAN dengan Meksiko," ujar Duta Besar Republik Indonesia untuk Meksiko Cheppy T. Wartono, dalam keterangan Kementerian Luar Negeri RI, Kamis 11 Agustus.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan ASEAN+3, mendorong persahabatan dan saling pengertian dengan masyarakat Meksiko," sambungnya.

'ASEAN+3 Bazaar' menampilkan pertunjukan tari, musik, dan bela diri dari negara anggota dan mitra ASEAN. Penampilan tersebut juga diselingi dengan undian doorprize dengan beragam hadiah menarik.

Di saat bersamaan, kedutaan besar negara anggota dan negara mitra ASEAN juga membuka gerai makanan dan kerajinan tangan. Para pengunjung tampak antusias menikmati pertunjukan kebudayaan dan makanan yang disediakan. Bahkan para pengunjung tetap bertahan, walaupun bazar sempat diwarnai hujan ringan.

Penampilan kebudayaan dibuka dengan tarian Bajidor Kahot yang berasal dari Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Selain itu, Indonesia juga menampilkan tarian Joged Pingitan asal Bali, Tarian Betawi Tan Hana Darmawangsa dan tari modern.

Sementara itu kedutaan besar lain menampilkan beragam tarian, musik, dan bela diri yang berhasil menghibur ribuan penonton yang hadir. Makanan Indonesia yang dijual pada acara tersebut di antaranya adalah nasi bali, sate, nasi goreng, lontong, bakso, siomay, batagor, kue dadar gulung, nagasari, talam ubi dan es cendol.

Diketahui, ASEAN Committee in Mexico City (ACMC) merupakan forum kegiatan bersama yang dilakukan oleh Kedutaan Besar negara anggota ASEAN di Mexico City yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Keketuaan ACMC dipegang secara bergilir oleh setiap kedutaan besar selama 6 bulan, di mana Indonesia memegang keketuaan untuk periode Juli – Desember 2022.