Pertama di Dunia, Honda Kantongi Izin Produksi Mobil <i>Self-Driving</i> Level 3
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Di masa depan mobil otonom atau self-driving memang paling dinantikan. Dan Honda berniat untuk menjajal dalam dunia mobil self-driving.

Perlu diketahui, mobil otonom memiliki tingkatan tersendiri pada industrinya dari level 0 hingga 5. Misalnya saja Tesla yang dianggap sebagai mobil otonom level 2. Sedangkan Honda, akan membuat mobil otonom pada level 3 yang pertama di dunia.

Mobil otonom memang dapat mengemudi sendiri, tetapi tetap membutuhkan manusia di belakang kemudi. Mereka juga bisa menyetir, mengerem, dan berakselerasi sendiri.

Honda kini menargetkan untuk memproduksi secara massal kendaraan otonom level 3 pada akhir Maret 2021 dalam bentuk Honda Legend. Dilengkapi pula dengan sistem yang disebut Traffic Jam Pilot.

"Honda berencana untuk meluncurkan penjualan Honda Legend yang dilengkapi dengan peralatan penggerak otomatis yang baru disetujui (Traffic Jam Pilot) sebelum akhir tahun fiskal saat ini. Dan ini adalah yang pertama di dunia bagi pembuat mobil yang menerima sebutan tipe untuk otonomi level 3," ungkap juru bicara Honda seperti dikutip dari Japan Today, Kamis 12 November.

Kabar baiknya, pemerintah Jepang telah memberikan sertifikasi keselamatan pada Traffic Jam Pilot Honda, yang berarti bahwa perusahaan tersebut selangkah lebih dekat untuk membawa kendaraan otonom level 3 ke jalan raya.

"Mobil self-driving diharapkan dapat berperan besar dalam menyelesaikan berbagai masalah sosial yang dihadapi negara kita, seperti mengurangi kecelakaan lalu lintas, mengamankan transportasi bagi para lansia dan lainnya, serta meningkatkan produktivitas di bidang logistik,” ujar pihak Kementerian Pertanahan, Transportasi, dan Pariwisata Jepang.

Sayangnya, proyek mobil otonom ini baru hanya akan tersedia di Jepang karena berbagai negara memiliki aturan dan regulasi yang berbeda terkait dengan mobil tanpa pengemudi.

Beberapa pembuat mobil telah memproduksi kendaraan dengan kemampuan otonomi level 3, tetapi hanya sedikit negara yang memiliki kerangka hukum untuk mengizinkan penjualan dan penggunaannya.

Namun, jika Honda dapat membuktikan bahwa kendaraan otonom level 3 mereka aman untuk digunakan di jalan umum, hal itu mungkin akan membuat pemerintah di negara lainnya setuju.