Sebut Anak Berkebutuhan Khusus Punya Kelebihan, Ketua PIA Muspurdirla: Mereka Anak-Anak Hebat
Kunjungan Komunitas Dunia Tak Lagi Sunyi (DTLS) DIY di Mini Teater Muspusdirla Yogyakarta, Minggu, 24 Juli (Foto via Antara/dokumen Lanud Adisutjipto)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Persatuan Istri Anggota (PIA) Ardhya Garini Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Lanud Adisutjipto Yogyakarta Sri Yuto Nugroho mengatakan, setiap anak mempunyai kelebihan, termasuk anak berkebutuhan khusus. Selain itu, semua anak juga memiliki potensi bakat dan minat.

Untuk itu, dia mengimbau orang tua untuk mengarahkan para anak agar tumbuh dengan rasa percaya diri dan optimisme tinggi.

Dia juga menyebut, Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, bisa jadi hari raya bagi seluruh anak di Indonesia, tak terkecuali anak berkebutuhan khusus.

"Menjadi tugas para orang tua dan orang-orang sekitarnya untuk mengarahkan agar anak yang berkebutuhan khusus dapat mengoptimalkan kelebihannya sehingga dapat berdayaguna setidaknya bagi dirinya sendiri maupun bagi lingkungan sekitarnya. Mereka adalah anak-anak hebat," kata Ketua PIA Muspurdirla, seperti dilansir dari Antara, Minggu, 24 Juli.

Sementara itu, Pendiri Komunitas DTLS Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Nana Nawangsari mengatakan, kunjungan ke Muspusdirla Yogyakarta ini dikemas dalam "Family Gathering" dan diikuti 121 orang.

"Selain untuk memperingati Hari Anak Nasional, 'Family Gathering' juga dimaksudkan sebagai ajang silaturahim keluarga yang memiliki anak dengan gangguan pendengaran. Pesertanya tidak hanya dari Yogyakarta, namun juga dari Solo Raya dan beberapa kota di Jawa Timur," ujarnya.

Selama di Muspusdirla, anak-anak Komunitas DTLS diajak berkeliling melihat koleksi aneka pesawat terbang, dan untuk memeriahkan acara, mereka menyanyi bersama, membaca puisi, dan menonton film atraksi Jupiter Aerobatic Team di Mini Teater.

Dia menambahkan, sampai saat ini anggota Komunitas DTLS sebanyak 5.000 orang dari seluruh Indonesia, bahkan ada juga anggota dari Malaysia.

Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Yuto Nugroho menyambut baik kegiatan Family Gathering Komunitas DTLS yang digelar di Muspusdirla.

Menurut dia, kunjungan dan nonton bareng Komunitas DTLS itu merupakan wujud perhatian Muspusdirla terhadap anak-anak berkebutuhan khusus.