Waspadai Macet Sepekan Imbas Perbaikan 3 Titik Tol Jakarta-Cikampek
Titik perbaikan jalan di Kilometer 38 lajur 1 arah Cikampek pada Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Bagikan:

BEKASI - Pengguna jalan diminta mewaspadai potensi terjadinya kemacetan lalu lintas selama sepekan ke depan akibat terimbas pekerjaan perbaikan jalan di tiga titik Ruas Tol Jakarta-Cikampek.

"Tidak ada penutupan akibat pekerjaan ini. Kedua arah Jalan Tol Jakarta-Cikampek beroperasi secara normal," kata Operation and Maintenance Senior Manager Representative Office 1 PT Jasamarga Transjawa Tol Nouval M. Rizky di Bekasi dilansir ANTARA, Jumat, 22 Juli.

Dia mengimbau pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan. Di sisi lain pihaknya telah menyiapkan mitigasi risiko untuk menghindari terjadinya kemacetan lalu lintas yakni persiapan skema lawan arah.

"Contraflow akan kami berlakukan apabila kondisi lalu lintas kendaraan mengalami kepadatan," ucapnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area kerja, mempersempit area pekerjaan, hingga melakukan koordinasi secara intensif bersama patroli jalan raya dan operator.

Jasa Marga melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign di kedua arah Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan.

"Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud," katanya.

Nouval menjelaskan pekerjaan rekonstruksi rigid pavement dijadwalkan dimulai Jumat malam ini pukul 22.00 WIB sampai Minggu (24/7) pukul 24.00 WIB di titik Kilometer (KM) 11+235 hingga KM 11+150 pada lajur 1 arah Jakarta dengan panjang penanganan 65 meter.

Kemudian di KM 38+646 sampai KM 39+086 lajur 1 arah Cikampek dengan panjang penanganan 233 meter yang akan dilaksanakan Sabtu (23/7) pukul 09.00 WIB hingga Jumat (29/7) pukul 10.00 WIB.

Serta titik ketiga yakni di KM 26+044 sampai dengan KM 25+778 lajur 1 arah Jakarta dengan panjang penanganan 237 meter yang akan dimulai Senin (25/7) pukul 10.00 WIB hingga Minggu (31/7) pukul 10.00 WIB.

"Pekerjaan perbaikan jalan ini dalam rangka meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan serta upaya Jasa Marga meningkatkan standar pelayanan minimal," ucapnya.

Pengguna jalan juga diminta memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, serta mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan.

"Selalu patuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan sesuai aturan Pemerintah serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," kata dia.

Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.0 untuk pengguna iOS dan Android.