Akses Bandara Soetta Macet Total, Kemenhub Sebut Ada <i>Delay</i> 3-4 Jam
Ilustrasi (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan menjadwal ulang jadwal penerbangan di Bandara Soekarno Hatta, hari ini. Bandara lumpuh karena akses ke bandara yang macet total.

Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto yang dihubungi VOI mengatakan, jadwal penerbangan delay 3 sampai 4 jam akibat akses bandara yang macet total.

"Semuanya delay, 3-4 jam," kata Novie, Selasa, 10 November.

Dia memastikan, yang menjadi fokus saat ini adalah melayani penumpang sebaik-baiknya.

"Ini harus dikordinasikan, slotnya harus diatur. yang penting penumpang dilayani sebaik-baiknya, mudah-mudahan tak berdampak banyak, hanya delay saja," ujar dia.

Sebelumnya, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti mengatakan Ruas Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo arah Bandara Soekarno-Hatta macet. Kemacetan ini bahkan telah mencapai kilometer 27+600 atau berjarak sekitar 7 kilometer.

"Ekor antrean telah mencapai Km 27+600 (7 km). Hal ini disebabkan karena kepadatan yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta sejak pukul 04.00 WIB, yang berdampak hingga Jalan Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo," kata Ira dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Selasa, 10 November.

Demi mengatasi kemacetan ini, Jasamarga Metropolitan Tollroad telah melakukan koordinasi. Selanjutnya, sebagai upaya mengurai kemacetan pengguna jalan yang sedang berada dalam perjalanan menuju bandara diputarbalikkan.

"Bagi pengguna jalan yang sedang dalam perjalanan menuju ke Bandara diputarbalikan di u-turn kilometer 30+800," ujarmya.

Sedangkan untuk pengguna kendaraan yang baru akan menuju ke Bandara Soekarno-Hatta, sebaiknya menggunakan jalur lainnya untuk menghindari kemacetan.

"Jasa Marga mengimbau bagi pengguna jalan yang akan menuju ke Bandara Soekarno-Hatta dapat menggunakan jalur alternatif, tetap berhati-hati, patuhi batas kecepatan berkendara di jalan tol," tegas Ira.

Untuk mengetahui kondisi terkini kondisi lalu lintas di dalam jalan tol, pengendara bisa menghubungi Call Center 24 jam di 14080 atau mengecek kondisi lalulintas melalui aplikasi maps sebelum melakukan perjalanan. 

Kemacetan terjadi menjelang Gerbang Tol Cengkareng. Kemacetan ini diakibatkan karena banyaknya orang yang menjemput Imam Besar Front Pembela Islam Rizieq Shihab.

Bahkan, dilansir melalui Twitter, @TMCPoldaMetro kemacetan terjadi sejak pukul 03.35 WIB. TMC pun mengimbau kepada para penumpang pesawat untuk berangkat lebih awal.

Disiarkan Front TV di YouTube, para simpatisan Rizieq Shihab telah berkumpul mulai dari Bandara Soetta hingga kediaman Imam Besar FPI itu di kawasan Petamburan, Jakarta.

Mereka juga menggelar ibadah zikir, salawatan, dan berdoa untuk keselamatan Habib Rizieq selama dalam perjalanan.

Habib Rizieq menggunakan pesawat Saudia Airlines dengan nomor penerbangan SV 816 dan diperkirakan tiba di Terminal III Bandara Soetta, Selasa 10 November 2020 pukul 09.00 WIB.