Temui Komandan Senior Militernya, Presiden Zelensky Yakin Ukraina Mampu Pukul Pasukan Rusia
President Zelensky saat menerima pemaparan dari komandan pasukan Ukraina. (Sumber: President.gov.ua)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Volodymyr Zelensky yakin pasukannya memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan, memberikan pukulan dan menimbulkan kerugian besar pada tentara Rusia di medan perang.

Berbicara dalam pidato video larut malam usai menemui komandan senior tentarnya, Presiden Zelensky mengatakan pertemuan itu telah membahas pasokan senjata modern, menambahkan intensitas serangan terhadap Rusia harus ditingkatkan.

"(Kami) setuju bahwa pasukan kami memiliki potensi kuat untuk maju di medan perang dan menimbulkan kerugian baru yang signifikan pada penjajah," katanya, melansir Reuters 22 Juli.

Kyiv berharap bahwa senjata Barat, terutama rudal jarak jauh seperti HIMARS AS yang telah dikerahkan Ukraina dalam beberapa pekan terakhir, akan memungkinkannya meluncurkan serangan balik dan merebut kembali wilayah.

Militer Rusia kemungkinan akan memulai jeda operasional dalam beberapa minggu mendatang, memberi Kyiv peluang kunci untuk menyerang balik, kata kepala mata-mata Inggris, Hari Kamis.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Zelensky mengatakan tiga orang tewas ketika Rusia menembaki kota timur Kharkiv pada Kamis.

"Setiap serangan Rusia ini merupakan argumen bagi Ukraina untuk menerima lebih banyak HIMARS dan senjata modern dan efektif lainnya. Setiap serangan ini hanya memperkuat keinginan kami untuk mengalahkan penjajah dan itu pasti akan terjadi," tandasnya.