Biden Bicara Kematian Khashoggi dengan Putra Mahkota Saudi: Presiden AS Tak Bisa Diam Urusan HAM
Foto via Twitter @WhiteHouse

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joe Biden bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS). Dan salah satu topik pembicaraan adalah kematian jurnalis Jamal Khashoggi.

Presiden AS Joe Biden mengatakan dia mengangkat topik pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di puncak pertemuan dengan pejabat senior Saudi. Dan salah satu pesertanya adalah Putra Mahkota Mohammed bin Salman, di kota pelabuhan Laut Merah Jeddah.

Berbicara kepada wartawan pada Jumat 15 Juli sore. Biden mengatakan dia juga membahas hak asasi manusia dan perlunya reformasi politik.

“Seperti yang selalu saya lakukan, saya menjelaskan bahwa topik [hak asasi manusia] sangat penting bagi saya dan Amerika Serikat,” kata Biden.

“Sehubungan dengan pembunuhan Khashoggi, saya mengangkatnya di puncak pertemuan, memperjelas apa yang saya pikirkan saat itu, dan ketika saya memikirkannya sekarang," lanjut Biden dikutip dari Al Jazeera.

Kata Biden, seorang presiden AS tidak bisa diam urusan hak asasi manusia

Biden dikritik pada hari sebelumnya karena menyapa putra mahkota Saudi (MBS) - yang menurut badan intelijen AS bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018 - dengan pukulan keras ketika dia tiba untuk pertemuan.

Terkait