Survei Charta Politika: 71,5 Persen Warga Jateng Pilih Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jawa Tengah)

Bagikan:

JAKARTA - Hasil survei Charta Politika Indonesia memotret elektabilitas Ganjar Pranowo yang begitu dominan di Jawa Tengah menjelang kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Gubernur Jawa Tengah itu unggul telak dari kandidat capres lain dengan meraup 71,5 persen.

"Ganjar Pranowo sangat mendominasi pilihan publik Jawa Tengah sebagai calon presiden," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam hasil survei yang dibagikan kepada wartawan, Kamis, 14 Juli.

Dalam mengukur elektabilitas calon, Charta Politika melakukan simulasi pertanyaan tertutup terhadap 10 nama calon. Hasilnya, elektabilitas Ganjar Pranowo menduduki peringkat pertama dengan perolehan 71,5 persen.

"Dalam simulasi yang diberikan, pilihan terhadap Ganjar Pranowo jauh berada di atas nama-nama lainnya," imbuh Yunarto.

Peringkat kedua diisi Prabowo Subianto dengan elektabilitas sebesar 7,6 persen. Disusul, Anies Baswedan sebesar 6,2 persen, dan Ridwan Kamil sebesar 2,3 persen.

Peringkat kelima ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 1,6 persen, keenam Sandiaga Uno sebesar 1,3 persen, ketujuh Erick Thohir 1,1 persen.

Peringkat kedelapan ada nama Puan Maharani dengan elektabilitas sebesar 0,8 persen, kesembilan Khofifah Indar Parawansa sebesar 0,8 persen, dan kesepuluh Airlangga Hartarto sebesar 0,1 persen.

Tidak hanya dilakukan di Provinsi Jawa Barat, survei ini juga dilakukan serentak di Jawa Tengah dan Jawa Timur pada 24-30 Juni 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden per provinsi dan margin of error (MoE) ± 2,83 persen.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan protokol kesehatan yang ketat dengan metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen.