Bagikan:

JAYAPURA - Penjabat Bupati Nduga Namia Gwijangge mendorong agar pembangunan bandara baru pada wilayahnya dapat dilanjutkan kembali sehingga dapat mempercepat akses transportasi di kabupaten tersebut.

"Bandara baru di Kenyam merupakan sarana vital untuk menopang percepatan pembangunan dan akses masyarakat masuk dan keluar dari Kabupaten Nduga," katanya dilansir ANTARA, Sabtu, 9 Juli.

Menurut Namia, pembangunan Bandara Kenyam yang baru sempat terhenti dikarenakan ada beberapa dokumen persyaratan yang belum memenuhi syarat.

"Seperti dokumen perencanaan Analisa Dampak Lingkungan (Amdal) dan pelepasan tanah adat," ujarnya.

Dia menjelaskan permasalahan tersebut harus menjadi perhatian bersama dengan pemerintah setempat, pusat dan daerah.

"Kami berharap pembangunan bandara dapat segera dilanjutkan menggunakan tahun anggaran serta segera menyiapkan dan menyelesaikan kekurangan syarat dokumen yang belum ada," katanya.

Namia mengatakan kini pengerjaan bandara tersebut baru selesai sepanjang 620 meter dari target 1.600 meter, yang nantinya bisa didaratkan oleh minimal pesawat sejenis ATR.

"Lintasan bandara juga nantinya dapat di perpanjang hingga 2.500 meter karena lahan yang tersedia empat ribu meter persegi," kata Namia.