Pemprov DKI Ajak Tangerang Selatan dan Bekasi Ikut Terapkan Uji Emisi
Asep Kuswanto/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menyebut Pemprov DKI mengajak Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Pemerintah Kota Bekasi untuk turut menerapkan uji emisi kendaraan bermotor.

Asep menyebut, ajakan uji emisi ini nantinya akan tertuang dalam salah satu poin kerja sama pada memorandum of understanding (MoU) bersama Tangsel dan Bekasi.

"Kami dalam waktu dekat akan ber-MoU dengan Kota Bekasi dan Tangerang Selatan khusus masalah iklim ini. Kita berkolaborasi dam penyediaan sarana-sarana prasarana untuk iklim ini, salah satunya kita kerja sama untuk uji emisi," kata Asep saat ditemui di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa, 5 Juli.

Asep menargetkan MoU sudah ditandatangani pada akhir bulan Juli. Sehingga, dua kota penyangga Jakarta ini juga akan bisa menyediakan bengkel uji emisi dan melaksanakan uji coba uji emisi kendaraan dalam waktu dekat.

Lebih lanjut, Asep menyebut perluasan uji emisi di daerah penyangga ini tidak terlepas dari rencana Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya yang akan menerapkan kebijakan larangan perpanjangan STNK bagi kendaraan belum lulus uji emisi.

Dalam pelaksanaannya, kota seperti Bekasi dan Tangerang Selatan perlu dilibatkan. Mengingat, daerah penyangga ini juga masuk dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Penerapan itu akan kami coba juga ke kota-kota sekitar Jakarta. Diharapkan paling tidak di dua kota tersebut, kita bisa mulai bekerja sama mulai menyamakan, menyatukan persiapan. Sehingga, pelaksanaan uji emisi bisa secara terpadu kita lakukan," ucap Asep.

"Jadi, nanti ada satu kesatuan data antara kami dan kota-kota di sekitar Jakarta terhadap pemberlakuan karena uji emisi ini tidak terlepas dari pajak kendaraan. DKI kan bekerja sama untuk meminta nomor kendaraannya, sehingga nantinya untuk perpanjangan STNK sudah terkoneksi antara data uji emisi dengan data nomor kendaraan masing-masing," lanjutnya.

Setelah kerja sama penyediaan sarana terkait iklim dengan Tangerang Selatan dan Bekasi diimplementasikan, Asep berharap kerja sama seperti ini juga bisa terjalin pada seluruh daerah di Jabodetabek hingga Cianjur.