Bagikan:

JAKARTA - Ujian IELTS adalah salah satu tes kecakapan bahasa Inggris paling bergengsi di seluruh dunia. IELTS adalah standar penerimaan ke universitas dan perguruan tinggi di negara-negara berbahasa Inggris, seperti Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru, Irlandia, dan beberapa perguruan tinggi di Amerika Serikat.

Tidak heran, ada banyak program persiapan menghadapi tes IELTS di Indonesia, seperti kursus IELTS Lister. Alasannya sederhana, setiap kandidat ingin lulus IELTS pada ujian pertama.

Fakta menariknya, hampir semua kandidat dari Indonesia membutuhkan persiapan ekstra dan berbeda dibandingkan saat menghadapi jenis tes yang lain.

Apakah Tes IELTS itu Susah?

Cukup mudah mendapatkan testimoni bahwa tes IELTS itu sulit. Testimoni tersebut menggambarkan betapa kompleksnya IELTS.

Karena itu dibutuhkan persiapan yang memadai untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris menjelang tes IELTS. Sejumlah kompetensi yang perlu diasah sebagai persiapan menjelang tes IELTS adalah speaking, listening, writing, dan reading.

Berapa Lama Persiapan Tes IELTS?

Jawabannya tergantung pada tingkat kemampuan bahasa Inggris, ketekunan Anda, serta tujuan Anda. Persiapan menghadapi tes IELTS bisa memakan waktu berbulan-bulan hingga tahunan. Akan tetapi, ada juga yang membutuhkan waktu singkat.

Apa Saja yang Harus Dipelajari untuk Tes IELTS

Sebenarnya, ada banyak topik dan praktik yang perlu dikuasai oleh seseorang saat akan menghadapi tes IELTS.

Lister, sebagai lembaga kursus persiapan tes IELTS, merangkum sejumlah persiapan vital yang perlu dijalani para kandidat.

Rangkuman persiapan di bawah ini didapatkan dari pengalaman para mentor Lister mengajar, melihat hasil, dan melakukan evaluasi atas berbagai praktik persiapan tes IELTS. Berikut ini persiapan terbaik menjelang tes IELTS ala Lister:

1. Pahami Format Tes

Biasakan diri Anda dengan format tes IELTS. Caranya dengan mengerjakan sejumlah soal tes, memahami pertanyaan, dan berusaha memberi pola di dalam tes.

Karena itulah, Anda perlu membaca aturan dan mengerti peraturan IELTS. Akan jauh lebih baik jika Anda memiliki partner belajar atau partner diskusi, seperti yang dilakukan para peserta kursus Lister.

2. Belajar dan Latihan Terus Menerus

Seperti halnya ujian bahasa Inggris yang lain, Anda harus banyak belajar dan berlatih bahasa Inggris agar lulus IELTS.

Ada banyak cara untuk belajar dan berlatih menghadapi ujian IELTS. Salah satunya adalah menggunakan berbagai makalah pelatihan gratis yang tersedia di internet.

Anda juga dapat mempertajam kompetensi dengan mengikuti program kursus IELTS di Lister, yang bisa dilakukan secara daring.

3. Buat Jadwal yang Tepat dan Ditaati

Jadwal adalah aspek vital dalam proses belajar dan berlatih. Oleh karenanya, Anda perlu membuat jadwal yang wajib dipatuhi. Dengan adanya 4 modul berbeda ujian IELTS, yang semuanya harus dikuasai, maka Anda harus membagi waktu dengan tepat.

Anda harus mencurahkan waktu untuk belajar dan berlatih di tiap modul ujian. Akan lebih baik lagi jika Anda punya waktu belajar tambahan untuk jenis tes yang dirasa lebih sulit. Dengan cara itu, Anda akan menguasai modul yang dipelajari dan meningkatkan kemampuan di topik yang masih lemah.

4. Mengikuti Kursus IELTS di Lister

Bila Anda merasa memerlukan seseorang yang membimbing selama proses persiapan, menilai kemampuan, serta memberi tutorial, maka ikutilah kursus IELTS Lister.

Dengan begitu, para mentor Lister bisa memberi tugas untuk dikerjakan sehingga mampu mengukur sudah sejauh mana kemampuan Anda.

Mengikuti kursus IELTS di Lister.co.id adalah cara efektif untuk belajar sambil tetap membantu menjaga motivasi Anda.

Para mentor Lister secara teratur membimbing dalam kelas, memberikan pekerjaan rumah, dan menemani dalam proses menjelang ujian. Tujuannya untuk membantu Anda melalui masa-masa persiapan dengan lebih terprogram dan mencapai skor sesuai target.

Keempat persiapan esensial di atas dapat membantu Anda menyelesaikan ujian IELTS. Tentu saja, keempat persiapan tadi hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki kesabaran, tekad, dan konsistensi.