Mengesankan, Nenek 12 Anak dan 100 Cucu Kalahkan COVID-19 di Usia 120 Tahun
Nenek berusia 120 tahun, Menica Encu kalahkan COVID-19 (Foto: Newsflash)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang nenek berhasil mengalahkan COVID-19 di usia 120 tahun. Ini tentu saja hampir tidak bisa dipercaya.

Daily Star melaporkan, Sabtu, 31 Oktober, Menica Encu, yang tinggal di desa Ortabag di Uludere, wilayah provinsi Sirnak di Turki tenggara, dirawat di Rumah Sakit Bersalin dan Anak Sirnak setelah dinyatakan positif COVID-19.

Ibu dari 12 anak - yang dilaporkan memiliki lebih dari 100 cucu - dirawat di rumah sakit selama lebih dari dua minggu, tetapi akhirnya dipulangkan dengan bebas dari virus.

Menica berterima kasih kepada rumah sakit anak-anak yang telah diadaptasi menjadi fasilitas darurat COVID-19 untuk mengatasi krisis.

“Mereka merawat saya dengan sangat baik di sini. Berkat usaha mereka, saya sembuh,” Menica Encu mengatakan kepada sumber berita lokal Anadolu Agency.

“Ibu mertua saya biasanya hanya makan produk organik. Dia sembuh setelah menerima perhatian medis yang sangat baik. Tuhan memberkati para dokter dan perawat yang menjaganya," Halime Encu (65) menimpali.

Ahli paru Dr. Bilim Kehya Akcan mengatakan bahwa pasien berusia 120 tahun itu mengikuti prosedur pengobatan dengan baik dan dipulangkan dalam keadaan sehat.

Dokter menambahkan bahwa Menica perlu terus menjaga kesehatannya selama beberapa minggu ke depan, karena dia masih lemah, tetapi tim rumah sakit percaya bahwa dia cukup sehat untuk dirawat di rumah.

Meskipun 120 adalah usia yang mengesankan, Menica belum diverifikasi oleh para ahli independen lahir pada tahun 1900. Dia mungkin harus berpegang pada diet sehat sedikit lebih lama jika dia ingin mengamankan rekor dunia.

Menica Encu sembuh dari COVID-19, usianya 120 tahun (Foto: Newsflash)

Jeanne Calment, yang meninggal pada tahun 1997, dianggap sebagai orang yang hidup paling lama. Dia berusia 122 tahun dan 164 hari ketika dia meninggal pada tahun 1997 - yang berarti dia lahir pada tahun 1875; sebelum mobil, pesawat terbang, atau bahkan telepon.

Seorang wanita Jepang, Kane Tanaka, saat ini dianggap oleh otoritas terkemuka sebagai orang tertua yang masih hidup. Lahir pada tahun 1903, dia akan merayakan ulang tahunnya yang ke 118 pada bulan Januari tahun depan.