Elite PKB dan Gerindra Bertemu, Pertimbangkan Deklarasi Koalisi Indonesia Raya di IKN Nusantara
Sejumlah elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengadakan pertemuan dengan petinggi Partai Gerindra /DOK IST

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah elite Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengadakan pertemuan dengan petinggi Partai Gerindra. Pertemuan itu boleh jadi menandakan PKB dan Gerindra serius untuk berkoalisi di Pilpres 2024. 

"Hari ini, Rabu sekitar jam 17.00 kami partai Gerindra dan PKB silaturrahmi, ngopi bareng dan berdiskusi mematangkan agenda kerja sama dan langkah-langkah politik ke depan. Tentu yang namanya koalisi perlu pemikiran pemikiran besar untuk membangun dan memajukan NKRI," ujar Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim kepada wartawan, Rabu, 22 Juni, malam. 

Menurut Lukmanul Khakim, PKB dan Gerindra berencana mendeklarasikan Koalisi Indonesia Raya (KIR) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.  

"Kami juga ada rencana untuk survei lokasi deklarasi, salah satu tempat yang dipertimbangkan adalah di IKN," katanya. 

Lukmanul menjelaskan, KIR juga membuka pintu bagi partai politik lain untuk bergabung. Hanya saja, parpol tersebut harus mengikuti dan menerima capres cawapres yang sudah dicalonkan KIR. Yakni, Ketum Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar sebagai cawapres. 

"Tentu koalisi ini terbuka untuk partai manapun, karena prinsip koalisi itukan cari teman. Tapi soal capres dan cawapresnya sudah ada, yang mau gabung monggo dengan senang hati dan tangan terbuka kita terima," terangnya. 

Lukmanul meyakini PKB dan Gerindra akan solid bersama-sama menjemput kemenangan. Dia mengklaim masyarakat menyambut baik duet Prabowo-Cak Imin. 

"Nah tentu soal pilpres, diskusi kita cukup panjang, salah satunya, kita tadi bercerita, pasca pertemuan Prabowo-Gus Muhaimin kemaren malam minggu, rupanya animo kader, simpatisan, dan masyarakat cukup bagus, banyak yang suka dengan duet ini, responnya luar biasa," pungkasnya.