Kunjungi Markas Kopassus Kerajaan Kamboja, Prabowo Dipeluk Eks Anak Didiknya
Menhan Prabowo Subianto mengunjungi Markas Kopassus Kerajaan Kamboja pada Selasa 21 Juni. (ANTARA-HO-Tim Media Prabowo).

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengunjungi Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Kerajaan Kamboja pada hari ini, Selasa 21 Juni.

Kunjungan Prabowo tersebut disambut langsung Wakil Panglima Angkatan Darat dan Komandan Kopassus Kamboja Letnan Jenderal (Letjen) Chab Peakdey. Chab merupakan salah satu anak didik Prabowo saat ikut pendidikan Kopassus TNI AD. Pekik "komando" dan yel-yel Kopassus pun bergema ketika Prabowo tiba.

"Saya bangga hari ini diterima di Special Forces Command Royal Cambodian Armed Forces (Satuan Komando Pasukan Khusus Angkatan Bersenjata Kerajaan Kamboja)," kata Prabowo di Markas Kopassus Kamboja, Phnom Penh, Kamboja, Selasa 21 Juni.

Reuni Prabowo dengan Chab menekankan bahwa Indonesia selalu menganggap bangsa Kamboja sebagai saudara dekat dengan ikatan sejarah yang panjang. Kerja sama bilateral kedua negara, tambah dia, senantiasa terbina dengan baik dari waktu ke waktu.

"Saya yakin, Special Forces Command akan terus menjadi pasukan andal dan unggul yang akan membela bangsa dan rakyat Kamboja. Komando!," ujar Prabowo.

 

Selain Chab, ada pula sejumlah mantan anak didik Prabowo yang menempati berbagai posisi strategis di militer Kamboja, di antaranya Letjen Yib Koy yang kini menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pasukan Pengamanan (Danpusdik Paspam) Perdana Menteri (PM) Kamboja.

Selanjutnya Mayor Jenderal (Mayjen) Sin Ra yang menjabat sebagai Komandan Detasemen 241 Paspam PM Kamboja, dan Letjen Pol Chin Sary yang menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Oditor Kepolisian Nasional Kamboja.

Berikutnya, Mayjen Yin Chumnith yang kini menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Paspam PM Kamboja, Mayjen Ty Samouna yang menjabat sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Paspam PM, dan Mayjen Pol Nau Chamroeun yang menjabat sebagai Wakil Kabinet Kepolisian Nasional.

Pada kesempatan yang sama, salah satu mantan anak didik Prabowo yang hadir mengatakan Prabowo telah melatih dengan keras para prajurit Kopassus Kamboja sehingga banyak dari mereka yang saat ini dapat menjadi perwira tinggi.