Bambang Pacul Akrab dengan Ganjar di Rakernas Hingga Disambut Kader, Diterima jadi Capres?
Politikus PDIP Hendrawan Supratikno (DOK PDIP)

Bagikan:

JAKARTA - Ada pemandangan menarik saat Rakernas PDIP hari ini. Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul tampak akrab dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Bahkan, keduanya kompak memberikan salam komando dan meneriakkan kata 'merdeka' hingga disambut riuh para kader. Suasana ini tentu menjadi pertanyaan apakah PDIP mulai menerima Ganjar sebagai kandidat capres? Mengingat sebelumnya Ganjar disebut keterlaluan dan kegenitan oleh Bambang Pacul dan kader PDIP lainnya? 

Menanggapi hal tersebut, politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno menilai keakraban Bambang Pacul dan Ganjar tidak perlu dilihat sebagai sesuatu yang aneh. Sebab menurutnya, selama ini memang tak ada masalah diantaranya keduanya. 

"Lho memang ada masalah apa antara Mas Ganjar dan Mas Pacul?," ujar Hendrawan kepada VOI, Selasa, 21 Juni.

Menurut Hendrawan, para kader di PDIP saling menjaga kerukunan. Meskipun ada perbedaan pendapat, kata dia, tetapi sesama kader Banteng semua bersaudara. 

"Sesama kader yang ada dalam satu keluarga besar, tetap harus rukun, diikat oleh ruh ideologi yang sama. Berbeda dalam persaudaraan, bersaudara dalam perbedaan," katanya. 

Soal Bambang Pacul yang pernah menyebut Ganjar kemlinthi dan kemajon, Hendrawan menilai ungkapan itu berlaku untuk semua kader PDIP.  

"Lho semua kader harus menghindari VIRUS 3-K: kemajon, kemlinti dan keblinger. Berlaku untuk semua kader," tegas Hendrawan. 

Hanya saja, sambung Hendrawan, keakraban tersebut bukan berarti menunjukkan bahwa Ganjar akan diterima dan didukung oleh PDIP. Sebab, kata dia, soal calon presiden akan diputuskan tunggal oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

"Urusan paslon dari PDIP merupakan kewenangan ketum. Jadi kami tidak cawe-cawe. Kami sudah sibuk dengan tugas-tugas kepartaian yang lain, tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab kami," tandasnya. 

Sebelumnya, Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan (PDIP) Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul tampak akrab dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Tahun 2021.

Dilihat VOI yang ikut datang ke lokasi, awalnya Ganjar dan Bambang Pacul tampak menyalami para kader di ruangan acara Rakernas II PDIP yang digelar di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta pada hari ini, Selasa, 21 Juni.

Selanjutnya, keduanya saling salam komando dan sempat berbincang bersama. Namun, tak terdengar pembahasan keduanya.

Tak hanya Bambang Pacul, Ketua Fraksi PDIP di DPR RI Utut Adianto juga turut berbincang dengan Ganjar. Bahkan keduanya bersalaman usai berbincang.

Utut kemudian memanaskan kembali ruangan dengan meminta Ganjar dan Bambang Pacul mengulang lagi salam komando yang dilakukan keduanya. Setelah itu, satu ruangan riuh dan pekikan 'merdeka' terdengar.

Para kader PDIP yang hadir antusias melihat momen jabat tangan Ganjar dan Bambang Pacul sebelum akhirnya para peserta diminta duduk di kursi masing-masing karena kegiatan akan segera dimulai.