Puncak Arus Mudik-Liburan Panjang Dimulai Malam Ini
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Polisi memprediksi puncak arus lalu lintas libur panjang Maulid Nabi terjadi selama dua hari. Puncak kepadatan di mulai malam ini.

"Prediksi puncak kepadatan itu kemungkinan hari ini mulai sore sampai nanti malam dan bisa saja sampai Rabu pagi besok," kata Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Selasa, 27 Oktober.

Sedangkan untuk puncak arus lalu lintas kembali ke Jakarta diprediksi terjadi pada Minggu siang hingga Senin dini hari pekan dean. Sehingga skenario lalu lintas akan segera diberlakukan.

Terlepas dari arus lalu lintas, Sambodo mengimbau masyarakat untuk memilih mengisi waktu liburan di rumah. Situasi saat ini masih masa pandemi COVID-19 yang rawan terjadi penularan.

"Kalau pun teman-teman masyarakat akan berpergian baik ke tempat wisata atau ke sanak keluarga pastikan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dan pastikan keluarga yang berpergian itu sehat," kata dia.

Sebelumnya, polisi bakal menerapkan skema pembatasan kapasitas kendaraan di rest area. Penerapan skema ini betujuan untuk mengantisipasi munculnya klaster baru COVID-19.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak rest area karena ada ketentuan rest area hanya 50 persen," sambung Sambodo.

Tercatat ada tiga rest area di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang bakal diterapkan skema tersebut. Dalam penerapannya, petugas akan menutup rest area itu jika sudah memenuhi kapasitas.

"Jika terjadi kepadatan juga bisa saja rest area di Polda Metro Jaya yaitu di rest area kilometer 19, 39, dan 33. Kita laksanakan buka tutup," kata dia.