Kabar Baik, Kabupaten Mamuju Sudah Jadi Kota Layak Anak
Bupati Kabupaten Mamuju, Sutinah Suhardi Duka/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dinyatakan lolos evaluasi tahap kedua untuk ditetapkan menjadi kota layak anak (KLA).

Bupati Kabupaten Mamuju, Sutinah Suhardi Duka di Mamuju, Sabtu mengatakan Kabupaten Mamuju menjadi salah satu daerah yang dinyatakan lolos evaluasi KLA, bersama dua kabupaten lainnya di Sulbar.

Ia mengatakan evaluasi tahap kedua tersebut dilaksanakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) melibatkan anggota gugus tugas KLA.

Selain itu melibatkan Forum Ruang Anak Nasional yang merupakan organisasi anak yang dibina oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui KPPA, untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

"Evaluasi KLA Mamuju dilaksanakan dengan melakukan penilaian terhadap setiap indikator yang dipersyaratkan," kata Sutinah, mengutip Antara, Minggu, 19 Juni.

Menurut dia, Kabupaten Mamuju nantinya masih perlu mengikuti verifikasi untuk mendapatkan predikat Pratama.

Ia menyampaikan, untuk menuju KLA, Pemerintah Kabupaten Mamuju telah melaksanakan kegiatan di bidang pemenuhan hak sipil dan kebebasan ana, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan budaya.

Selain itu Pemerintah Kabulaten Mamuju menyusun aturan terkait penguatan lembaga yang terlibat dalam mewujudkan KLA yang saat ini sedang berproses di DPRD Mamuju.

Ia juga mengatakan Pemkab Mamuju untuk mewujudkan KLA melalukan terobosan agar hak perlindungan bagi anak tidak hanya dirasakan di wilayah kota Mamuju.

Namun juga dapat menjangkau sampai ke pelosok, dengan melibatkan kecamatan dan desa untuk ikut berperan menghadirkan KLA.