Ganjar hingga Gibran Menginap di Bangsal Sekolah Partai, Hasto PDIP: Sekali-sekali Mengingat Perjuangan Bung Karno
Hasto Kristianto/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Kepala daerah dari PDI Perjuangan (PDIP) seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Medan Bobby Nasution, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menginap di bangsal Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta.

Momen ini terjadi saat para kepala daerah dan wakil kepala daerah tersebut mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang berlangsung sejak Kamis, 16 Juni kemarin.

"Sekali-kali, tinggallah di barak mengingat perjuangan Bung Karno (Presiden Pertama RI Soekarno) tinggal di tempat yang sempit (berukuran, red) 3x2 meter. Beliau menulis Indonesia Menggugat itu di ruang begitu sempit," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat, 17 Juni.

Hasto menilai Bung Karno adalah sosok yang memiliki pandangan ke depan Indonesia dan dunia. Ayah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu juga memiliki semangat untuk berjuang tanpa lelah meskipun dengan resiko di penjara atas perjuangan politiknya.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan para kepala daerah dan wakil kepala daerah tersebut telah memberikan perhatian para ajudannya. Penyebabnya, saat mereka tidur di bangsal, anak buahnya justru beristirahat di hotel.

"Terima kasih, malam ini kepala daerah memberikan penghargaan terbaik kepada ajudannya. Karena ajudannya tinggal di hotel dan kepala daerah tinggal di tempat ini (bangsal, red)," ungkapnya.

"Inilah PDI Perjuangan, seperti itu berbagi," imbuh Hasto.

Meski tidur di bangsal, Hasto meyakini para kepala daerah masih bisa nyaman beristirahat. Sebabnya, tempat tidur susun yang ada di bangsal sekolah partai masih tergolong bagus.

Hal itu pun diamini oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada Hasto. "Ruang saat ini kalau kata Mas Gibran itu ini masih lebih baik, masih seru. Persoalan kalau ada dengkuran, itu bagian dinamika politik," kata Hasto disambut gelak tawa para kepala dan wakil kepala daerah.

Selain Ganjar, Gibran, dan Bobby ada kepala daerah lain yang menginap. Mereka antara lain Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Sementara itu, Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko mengaku ini bukan pengalaman pertama. Karena saat ada pelatihan DPC Pelopor, sebagai Ketua DPC PDIP Ngawi, dia menginap di Sekolah Partai.

Anto menyebut tadi malam menyempatkan diri berkenalan dan mengobrol dengan beberapa kepala daerah dan bertukar pikiran tentang kebijakan pro rakyat.

"Sudah punya pengalaman. Jadi, saya tidak bawa staf. Saya bawa koper saja. Tapi memang ini lebih seru. Saling berkenalan lebih dekat. Saya tidak jauh kasurnya dari Mas Bobby Nasution," kata Anto, sapaan akrab Dwi Rianto.