Dikabarkan Masuk Kabinet, Zulkifli Hasan Merapat ke Istana Negara
Zulkifli Hasan di Istana Negara

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan telah hadir di Istana Kepresidenan, Jakarta. Dia dikabarkan akan menduduki posisi sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan M. Lutfi.

Dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Zulkifli Hasan tiba sekitar pukul 11.50 WIB. Dia yang tampak menggunakan jas dan peci berwarna hitam sempat melambaikan tangan sebelum masuk ke Istana Kepresidenan dan menuju Presidential Lounge.

Di ruangan tersebut, Zulhas akan melakukan jamuan makan siang bersama dengan Presiden Jokowi dan sejumlah tokoh lainnya. Para tokoh yang sudah hadir adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Kemudian ada juga Ketua Umum Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Golkar yang menduduki jabatan sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PPP yang juga menjabat sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi akan melantik menteri baru di Kabinet Indonesia Bersatu di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan ini dikabarkan akan berlangsung pada pukul 13.30 WIB.

Terkait Zulhas, dia disebut oleh partainya akan menduduki jabatan Menteri Perdagangan. Hal ini disampaikan Juru bicara sekaligus Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi.

"(Menteri) Perdagangan," ujar Viva kepada VOI, Rabu, 15 Juni.

Informasi ini sekaligus menepis kabar Zulhas akan mengisi kursi menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Selain Menteri Perdagangan ada sejumlah pos yang akan dirombak oleh Presiden Jokowi. Di antaranya adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) yang diisukan akan ditempati oleh mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Selain itu ada tiga wakil menteri yang akan dilantik hari ini. Dua orang di antaranya dijabat oleh Gerindra dan PSI.