Isu <i>Reshuffle</i> di Kabinet Jokowi, Komisi IV DPR: Yang Menyangkut Pangan Harus Dievaluasi
Anggota Komisi IV DPR RI Daniel Johan (Youtube @PKBTV)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR Daniel Johan menanggapi isu reshuffle kabinet yang dikabarkan bakal digelar Presiden Joko Widodo pada Rabu, 15 Juni 2022.

Menurutnya, keputusan merombak kabinet merupakan hak prerogatif presiden. Dia pun meminta masyarakat menunggu pengumuman resmi yang disampaikan oleh kepala negara. 

"Kita tunggu saja, (reshuffle) sepenuhnya keputusan presiden," ujar Daniel kepada VOI, Selasa, 14 Juni. 

Namun demikian, anggota Fraksi PKB DPR itu menilai perbaikan di pos-pos kementerian, khususnya mitra kerja Komisi IV seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan harus terus dilakukan agar kinerjanya semakin baik.

Daniel juga menyoroti Kementerian-Kementerian yang mengurusi soal hajat hidup orang banyak, utamanya terkait pangan. Menurutnya, kementerian tersebut harus betul-betul dievaluasi.

"Semua lintas kementerian yang menyangkut pangan harus terus mengevaluasi diri, terus saling berkoordinasi untuk memastikan pangan rakyat aman di tengah situasi dunia yang semakin rawan pangan," tegas politikus PKB itu.

Ditanya soal kementerian yang mengurusi soal pangan tersebut, Daniel membenarkan kementerian dimaksud adalah Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan. 

"Iya benar," singkatnya.