Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan meresmikan pembukaan Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2022 di arena JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Juni, malam.

Sejumlah pejabat negara lainnya dijadwalkan juga akan menghadiri upacara pembukaan JFK 2022 seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dan sejumlah duta besar dari negara sahabat.

Jakarta Fair Kemayoran 2022 akan diselenggarakan selama 39 hari yakni 9 Juni hingga 17 Juli 2022. Pagelaran besar yang sempat tutup selama pandemi COVID-19, tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara maksimal.

Dari pantauan VOI di lokasi, hari pertama diselenggarakannya Jakarta Fair Kemayoran 2022, antusias warga yang mengunjungi JFK cukup tinggi, meski belum terlihat padat pengunjung.

Terlihat dari pintu masuk utama, warga dari berbagai wilayah mulai antre di pintu arena JIExpo Kemayoran sekitar pukul 15.30 WIB.

Sejumlah warga terlihat datang bersama keluarganya, teman dan kerabat. Mereka mengunjungi JFK selepas jam pulang kerja.

Meski cuaca di kawasan JIExpo Kemayoran diguyur hujan, para pengunjung tetap terlihat antusias. Sejumlah stand kuliner, elektronik hingga stand UMKM juga terlihat ramai dikunjungi warga yang tetap menggunakan masker.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran Jakarta Internasional Expo (JIExpo) Ralph Scheunemann mengatakan, jajarannya telah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk menyelenggarakan festival Jakarta Fair Kemayoran 2022.

"Sudah mendapatkan sertifikasi Cleanliness, Health, Safety dan Environment Sustainability (CHSE) yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata, Surat Keputusan Rekomendasi pelaksanaan pameran yang diterbitkan oleh Dinas Pariwisata DKI Jakarta," ujar Ralph dalam keterangannya, Senin, 6 Juni, kemarin.

"Dalam hal ini para pengunjung bisa menikmati jalannya acara akbar ini dengan aman dan nyaman," sambung dia.

Menurut Ralph, jajarannya juga akan menyiapkan Tim Satgas COVID Internal yang tersebar di seluruh area JFK untuk mengawasi prokes selama festival itu berlangsung.

Kemudian persyaratan bagi para pengunjung JFK, kata Ralph, sudah melakukan vaksin COVID-19 minimal dosis kedua, lalu memindai kode yang tersambung dengan aplikasi PeduliLindungi.

"Pengecekan suhu tubuh di area pintu masuk pameran dan juga memakai masker selama berada di area pameran Jakarta Fair Kemayoran," kata Ralph.

Adapun, pergelaran JFK 2022 akan dilaksanakan selama 39 hari yakni mulai tanggal 9 Juni hingga 17 Juli mendatang.